Follow Us

Apple Menerima Paten Untuk Tampilan Multitasking iOS

Hendra Saputra - Jumat, 19 Oktober 2012 | 14:01
Apple Menerima Paten Untuk Tampilan Multitasking iOS

Selain fitur yang akan mengamankan perangkat iOS mu dari tangan pencuri, Apple ternyata juga telah menerima hak paten atas fitur tampilan multitasking.

For portable electronic devices, existing methods for managing concurrently open applications are cumbersome and inefficient. For example, portable devices with small screens (e.g., smart phones and other pocket-sized devices) typically display a single application at a time, even though multiple applications may be running on the device. With such devices, a user may have difficulty seeing and managing the currently open applications. This situation creates a significant cognitive burden on a user. In addition, existing methods for managing currently open applications take longer than necessary, thereby wasting energy. This latter consideration is particularly important in battery-operated devices.

Tampilan yang digambarkan di USPTO sendiri sebenarnya tidak sepenuhnya baru. Kita dapat melihat penerapan tampilan ini di aplikasi-aplikasi Apple lainnya seperti tab Safari, Time Machine dan Multitasking Gesture di iPad.

AppleInsider, dalam artikelnya memaparkan 3 UI yang telah di patenkan Apple tersebut.

Yang pertama, dijelaskan bahwa multitasking hadir dengan tampilan menumpuk dan 3D. Tampilan ini sudah dapat kita lihat di Time Machine.

Yang kedua, disebutkan bahwa dengan menekan home button 2 kali, maka aplikasi yang tengah kita jalankan akan mengecil dan kemudian, layar akan menampilkan aplikasi lainnya yang sedang berjalan di sisi kanan dan kiri aplikasi tersebut. Tampilan ini sendiri dapat kita temukan ketika sedang memilah tab di Safari..

Dan yang ketiga, lebih kepada akses untuk membuka fitur multitasking. Dengan paten ini, nantinya kita bisa membuka tab tersebut dengan melakukan gesture terhadap iPhone kita. Ya, mirip seperti Multitasking Gesture di iPad.

Canggih? Atau sudah tidak terkejut lagi? Silahkan berikan pendapatmu di kolom komentar.

[source site_name = “AppleInsider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/12/10/16/apple-granted-patent-for-ios-multitasking-user-interface”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest