Follow Us

Berolahraga Dengan Polar Beat

Adham Somantrie - Jumat, 19 Oktober 2012 | 13:42
Berolahraga Dengan Polar Beat

Di artikel sebelumnya sudah dibahas bagaimana untuk berlari dengan Nike+ menggunakan iPod dan iPhone. Kali ini MakeMac akan membahas alternatif lain, yakni dengan menggunakan aplikasi Polar Beat.

Polar Beat ini sendiri hanya bisa digunakan di iPhone 4S dan iPhone 5 dengan menggunakan minimal iOS 5.1. Untuk melacak posisi dan jarak, tentunya mengandalkan teknologi GPS (dan juga GLONASS). Walaupun iPhone 3GS dan iPhone 4 memiliki GPS dan bisa menggunakan iOS 5.1, tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi Polar Beat. Ini disebabkan karena aplikasi Polar Beat akan membutuhkan tambahan perangkat berupa pemantau detak jantung (heartrate monitor), Polar H7, yang menggunakan koneksi Bluetooth Smart (Bluetooth 4.0). Teknologi Bluetooth Smart ini sendiri baru disematkan di iPhone sejak tahun lalu (iPhone 4S).

Polar merupakan nama besar untuk komputer latih (training computer) dan pemantau detak jantung portabel. Sehingga kompetensi Polar dalam membuat perangkat lunak latih dan pemantau detak jantung tidak perlu diragukan lagi. Dengan adanya pemantau detak jantung, kamu bisa berlatih dengan metode zona detak jantung (heart rate training). Latihan yang tentunya hanya bisa dilakukan menggunakan pemantau detak jantung. Dikombinasikan dengan GPS/GLONASS, maka latihan kamu akan lebih optimal dan “cerdas”. Train smarter, not harder.

Dengan pemantauan secara langsung (realtime), instruksi latihan juga akan didapatkan secara langsung. Kamu akan mendengarkan instruksi untuk berlari lebih cepat, ataupun mengurangi kecepatan, sesuai dengan kondisi tubuh. Selain untuk berlari, Polar Beat juga bisa digunakan untuk bersepeda. Karena semua data tercatat dengan lengkap, tentunya kamu juga akan bisa menganalisa latihan yang sudah dilakukan. Sehingga bisa merencanakan perbaikan atau peningkatan untuk latihan berikutnya.

Kalau merujuk ke App Store, aplikasi ini juga bisa dipasang di iPod touch generasi kelima yang juga sudah memiliki teknologi Bluetooth Smart. Tetapi karena iPod touch tidak memiliki pelacak lokasi (GPS/GLONASS), sepertinya hanya akan merekam detak jantung saja, tanpa jarak tempuh.

Saat tulisan ini ditulis, aplikasi Polar Beat baru tersedia di App Store Amerika Serikat dan belum tersedia untuk App Store Indonesia. Aplikasi ini ditawarkan gratis, namun disediakan pilihan untuk layanan premium melalui pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) untuk tambahan modus latihan yang lebih lengkap.

Perangkat pemantau detak jantung Polar H7 pun masih belum tersedia secara resmi di pasar Indonesia. Tapi kamu bisa bisa memesan secara daring. Misalnya melalui situs Amazon yang saat ini menawarkan Polar H7 seharga USD 62.99, diskon dari harga awal USD 79.99.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest