Follow Us

Flycuts: Clipboard Manager Gratis Buat Mac

Sayz Lim - Kamis, 25 Oktober 2012 | 15:07
Flycuts: Clipboard Manager Gratis Buat Mac

Kekurangan utama pada setiap komputer yang kita gunakan adalah keterbatasan clipboard. Penyalinan sebuah teks harus berulang-ulang dilakukan karena clipboard cuma terbatas pada satu salinan sehingga Anda perlu berpindah antar aplikasi setiap kali ingin menyalin teks yang baru. Keterbatasan clipboard ini membuat beberapa pengembang membuat aplikasi clipboard manager yang mengatur kumpulan snippet seperti yang terdapat pada aplikasi Alfred dan LaunchBar.

Namun kedua aplikasi di atas bukan hanya berfungsi sebatas clipboard manager. Mereka juga memiliki fitur-fitur lainnya yang mungkin tidak dibutuhkan oleh Anda. Bagaimana dengan aplikasi yang memang dirancang untuk mengingat hasil penyalinan yang pernah diambil? Di sini Flycuts menjadi mencoba mengisi posisi tersebut.

Flycuts (Free) adalah sebuah aplikasi clipboard manager yang dirancang bagi para developer. Aplikasi ini dibuat berdasarkan sebuah aplikasi open-source bernama Jumptcut dan dirilis di Mac App Store kembali secara gratis. Seperti aplikasi clipboard manager lainnya, Anda hanya perlu menyalin teks yang diinginkan dan Flycuts akan mengingatnya. Anda kemudian dapat menggunakan hasil salinan kembali dengan menggunakan shortcut ataupun mengaksesnya dari menu bar.

Pengguna yang memiliki lebih dari satu Mac akan merasa senang dengan pilihan sinkronisasi yang ditawarkan. Anda bisa menyamakan pengaturan dan hasil salinan antar Mac melalui Dropbox. Ini berarti Anda bisa membawa salinan Anda ke manapun, baik dari kantor ke rumah, ataupun sebaliknya.

Pada halaman pengaturan juga Anda dapat mengatur tampilan Flycuts. Pilihan seperti seberapa gelap background dari bezel dan tingkat transparency bisa diatur dari sini.

Flycuts memiliki beberapa keterbatasan seperti tidak ada pilihan menyembunyikan icon dari menu bar. Hal tersebut bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan Bartender. Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan pencarian terhadap clipboard history. Yang bisa Anda lakukan hanya menggunakan tombol navigasi riki, kanan, atas, ataupun bawah dan melihat sample dari salinan.

Saya sendiri tetap memilih Alfred sebagai cliboard manager pribadi saya. Tetapi bagi yang ingin clipboard manager gratis dan berguna, Flycuts bisa manjadi pertimbangan yang cukup menarik.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest