Follow Us

Pocket, Layanan “Baca Nanti”, Meluncurkan Aplikasi Mac

Sayz Lim - Jumat, 26 Oktober 2012 | 15:42
Pocket, Layanan “Baca Nanti”, Meluncurkan Aplikasi Mac

Mungkin menerjemahkan “Read Later” menjadi “Baca Nanti” bukan ide yang baik. Tetapi seharusnya itu bisa memberikan sedikit pengenalan mengenai layanan yang satu ini. Pocket adalah sebuah layanan yang memungkinan Anda untuk menyimpan artikel, gambar, dan video untuk dibaca kembali nanti. Pocket berawal dari layanan Read It Later yang kemudian berubah nama menjadi Pocket, mencerminkan bahwa layanan ini tidak dibatasi hanya menyimpan artikel.

Dari semua layanan serupa yang ada, Pocket merupakan satu-satunya yang paling aktif menyediakan layanan mereka ke semua platform. Baik pengguna iOS maupun Android bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di App Store dan Play Store. Pocket untuk iOS sendiri merupakan aplikasi yang sangat baik untuk digunakan bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membaca artikel yang diinginkan secara langsung. Dan kini mereka juga menyediakan Pocket untuk Mac.

Pocket untuk Mac mirip dengan saudaranya yang sudah berada di iOS maupun Android. Antarmuka di Mac juga mengikuti tata peletakan thumbnail dan judul secara berdampingan secara kronologis di sisi kiri. Pembagian kolom seperti ini memang menjadi sangat terkenal saat ini dan sudah ditemukan dalam berbagai aplikasi seperti Reeder.

Semua fungsi yang sudah terdapat dalam Pocket sudah tersedia dalam versi Mac. Hasil pencarian ditampilkan dengan sangat cepat, pengaturan tag juga bisa diatur secara langsung, dan kemampuan untuk membagikan halaman ke layanan seperti Twitter, Facebook, Evernote, dan Buffer. Tetapi mereka juga menambahkan beberapa fitur yang hanya tersedia di versi Mac.

Anda dapat menyimpan artikel ke Pocket menggunakan bookmarklet atau sekarang cukup dengan menyalin URL halaman yang diinginkan, kemudian jalankan aplikasi dan masukkan shortcut untuk menyimpan artikel. Selain itu, Anda juga bisa menarik URL langsung ke lambang aplikasi Pocket di Dock untuk menyimpan artikel. Penjelasan secara langkah per langkah terdapat dalam dokumentasi Pocket.

Versi iOS terdapat pilihan mengatur tema artikel, misalnya mengubah latar belakang menjadi gelap sehingga membaca dalam keadaan gelap lebih nyaman. Saya tidak menemukan pilihan tersebut pada versi Mac. Mungkin butuh update selanjutnya agar setiap fitur tersedia baik bagi Mac maupun iOS.

Secara keseluruhan, Pocket untuk Mac merupakan aplikasi yang cukup baik untuk menyimpan halaman-halaman yang diinginkan. Melalui aplikasi tersebut Anda jadi lebih mudah melihat halaman-halaman yang pernah disimpan tanpa harus membuka situs Pocket.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest