Follow Us

Mungkinkan Apple Berencana Meninggalkan Intel?

Hendra Saputra - Selasa, 06 November 2012 | 11:56
Mungkinkan Apple Berencana Meninggalkan Intel?

Berdasarkan berita dari 3 orang dalam Apple kepada Bloomberg (demi keamanan ketiga orang tersebut, Bloomberg merahasiakan identitasnya), Apple dikabarkan tengah berencana untuk menggunakan chip ARM pada jajaran Mac.

Menurut ketiga orang sumber itu, hal ini dilatarbelakangi oleh keyakinan para tim di Apple yang mengatakan bahwa suatu hari, chip ARM akan cukup kuat untuk mengoperasikan Mac.

Apple engineers have grown confident that the chip designs used for its mobile devices will one day be powerful enough to run its desktops and laptops.

Sumber tersebut juga mengutarakan bahwa perpindahan ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat, mungkin hingga tahun 2017 mendatang. Namun mereka menegaskan bahwa hal ini pasti terjadi mengingat fungsi smartphone dan PC yang hari-hari ini semakin serupa.

Bill Evans, salah seorang juru bicara Apple, menolak untuk berkomentar saat di tanyai oleh Bloomberg terkait masalah ini.

Jika kita menilik kebelakang, pemberitaan ini sepertinya memiliki korelasi dengan definisi akan divisi Technologies. Sebelumnya, pada saat perubahan terhadap internal Apple, Cook menyatakan divisi Technologies akan membawahi tim semi conductor di Apple yang memiliki ambisi besar akan masa depan.

Bob Mansfield will lead a new group, Technologies, which combines all of Apple’s wireless teams across the company in one organization, fostering innovation in this area at an even higher level. This organization will also include the semiconductor teams, who have ambitious plans for the future.

Sebelumnya, pada tahun 2005 yang lalu Apple melakukan transisi dari penggunaan PowerPC ke Intel karena mereka menganggap PowerPC mengkonsumsi terlalu banyak daya.

[source site_name = “Bloomberg|via MacGasm” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/2012-11-05/apple-said-to-be-exploring-switch-from-intel-chips-for-the-mac.html|http://www.macgasm.net/2012/11/05/apple-may-be-switching-to-arm-chips-sooner-than-we-thought/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest