Follow Us

Squarespace Note: Aplikasi Pencatat Yang Terhubung Dengan Social Media

Ricardo Parker - Selasa, 06 November 2012 | 13:23
Squarespace Note: Aplikasi Pencatat Yang Terhubung Dengan Social Media

Sebelum kita review aplikasi Squarespace Note lebih jauh, saya akan memberikan sedikit informasi tambahan tentang Squarespace. Squarespace adalah sebuah website builder seperti WordPress, Blogspot dan juga Joomla. Aplikasi Squarespace juga bisa kamu temui di App Store, dengan aplikasi itu kamu bisa mengirimkan artikel baru di website yang kamu buat dengan Squarespace. Tetapi untuk kali ini bukan aplikasi Squarespace yang akan saya review, melainkan sebuah aplikasi baru yang berasal dari Squarespace yaitu Squarespace Note.

Seperti namanya, fungsi utama Squarespace Note adalah sebagai catatan. Lalu apa yang special dari sebuah aplikasi yang fungsi utamanya hanya sebagai catatan? Well, aplikasi Squarespace Note bisa dibilang special karena setiap catatan yang kamu buat bisa terintegrasi langsung dengan social media.

Pertama kali menggunakan Squarespace Note, hal pertama yang akan kamu temui adalah kotak putih yang akan menjadi media kamu untuk menulis sebuah catatan. Kamu langsung bisa menulis catatan ke dalamnya, tanpa harus mementingkan hal-hal lain seperti ukuran font atau tombol navigasi lainnya yang mungkin mengganggu kamu ketika menulis.

Tips: Kamu dapat mengganti team menjadi gelap dengan mengguncang iPhone.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, catatan yang kamu buat dalam Squarespace Note bisa langsung diintegrasikan dengan social media yang kamu tentukan. Tetapi sebelumnya, tentu saja kamu harus memilih social media apa yang ingin kamu gunakan untuk terintegrasi langsung dengan catatan kamu itu. Ada 6 social media yang bisa kamu pilih di antaranya, Squarespace, Email, Dropbox, Twitter, Facebook dan yang terakhir Evernote.

Ketika kamu memilih menggunakan Twitter, setiap catatan yang kamu simpan dan kirim akan menjadi sebuah tweet baru di akun Twitter milik kamu. Sedangkan jika kamu memilih e-mail untuk terintegrasi dengan catatan kamu, setiap catatan yang kamu buat akan dikirimkan dalam bentuk e-mail ke alamat email yang kamu sudah tentukan sebelumnya.

Hal yang paling menarik dari Squarespace Note adalah cara penggunaannya yang lebih mengutamakan gesture. Ketika kamu selesai membuat catatan, cukup swipe ke atas untuk menyimpan dan mengirimkan catatan itu ke layanan social media yang sudah kamu tentukan. Swipe ke kanan kamu akan dibawa ke tampilan untuk menentukan layanan social media sedangkan swipe ke kiri bisa kamu gunakan untuk melihat seluruh catatan yang sudah kamu buat. Untuk menghapus, cukup swipe dari kiri ke kanan catatan mana yang ingin kamu hapus.

Meskipun fungsi utama Squarespace Note (Free) yang sebagai catatan tidak jauh berbeda dengan fungsi aplikasi Note bawan dari Apple, tetapi dengan kemampuan integrasi langsung dengan berbagai social media dan juga design user interface yang simple harus diakui Squarespace Note memang lebih menarik untuk digunakan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest