Follow Us

Kelangkaan, Nilai, dan Harga Aplikasi Clear for Mac

Sayz Lim - Jumat, 09 November 2012 | 13:58
Kelangkaan, Nilai, dan Harga Aplikasi Clear for Mac

Banyak orang tidak sabar menyambut kehadiran Clear for Mac. Aplikasi to-do ini memang merupakan salah satu aplikasi dengan interaksi yang unik. Seperti yang pernah saya tulis dalam ulasan Clear for iPhone, orang-orang yang menginginkan to-do list sederhana tidak akan salah menggunakan Clear di iPhone mereka.

Hanya satu hal yang agak menganggu. Hal tersebut adalah label harga $14.99 untuk Clear for Mac.

Saya jarang mempertanyakan harga aplikasi karena saya menyadari betapa sulitnya mengembangkan sebuah aplikasi yang baik. Tetapi apakah harga Clear for Mac kali ini benar-benar sesuai dengan nilai yang dihasilkan?

Bila kita lihat kembali Tweetbot for Mac yang diluncurkan bulan lalu, maka harga $19.99 tidak dipasang karena fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi tersebut. Faktor utama mengapa Tapbots bisa menjual Tweetbot for Mac dengan harga yang cukup tinggi disebabkan keterbatasan token oleh Twitter. Sistem perekonomian yang umum, semakin langka sebuah barang, semakin tinggi nilainya.

Itu bukan berarti setiap aplikasi yang dijual secara terbatas akan selalu terjual dengan harga tinggi. Dalam menentukan apakah sebuah aplikasi layak dibeli, saya selalu memiliki perhitungan sendiri.

Harga Aplikasi = Kelangkaan + Nilai Pribadi

Variabel kelangkaan sangat jarang diperhitungkan karena yang namanya perangkat lunak dapat diperbanyak dengan mudah. Akhirnya semua kembali ke faktor yang satunya lagi, nilai pribadi. Apa sebenarnya nilai pribadi di sini?

Nilai pribadi di sini adalah kepuasan dan manfaat yang Anda dapatkan dari aplikasi tersebut. Variabel ini sangat relatif dan berbeda-beda bagi setiap orang. Sebagai contohnya, Tweetbot for Mac tidak memiliki nilai bagi orang-orang yang jarang menggunakan atau iseng-iseng menggunakan Twitter. Tetapi bagi orang-orang yang bekerja sebagai social media specialist, setiap fitur yang ditawarkan dalam Tweetbot for Mac memiliki nilai.

Satu hal lagi adalah penguasaan terhadap fitur-fitur aplikasi. Bila seseorang semakin terbiasa menggunakan sebuah aplikasi, baik fitur itu jelek ataupun buruk. Maka orang-orang akan merasa nyaman dan sulit untuk meninggalkan aplikasi tersebut. Hal ini sangat umum. Anda bisa melihat betapa banyak pengguna Windows XP enggan move-on karena Windows 7 dan Windows 8 terkesan sangat asing.

Bila saya menggunakan perhitungan di atas terhadap Clear for Mac, maka saya tidak keberatan apabila aplikasi tersebut dijual dengan harga $7. Fitur sinkronisasi iCloud sudah pasti harus tersedia. Sedangkan paste list item akan sangat berguna pada kondisi tertentu. Berhubung saya juga terbiasa menggunakan Clear for iPhone, itu harga yang masuk akal sekali.

Harga Clear for iPhone adalah $1.99. Angka yang sangat kecil dan sesuai dengan fungsi-fungsi yang ditawarkan. Denga penambahan fitur iCloud Sync, sebenarnya mereka bisa menaikkan harga aplikasi iOS menjadi $2.99. Yang akan membuat orang berpikir panjang adalah harga Clear for Mac. Dengan memasang $14.99, mereka menciptakan selisih harga $13 untuk sebuah aplikasi dengan fungsi yang hampir sama di OS X dan iOS. Secara psikologis, pengguna akan menggali nilai $13 yang ditawarkan oleh Clear for Mac.

Editor : Sayz Lim

Latest