Follow Us

Cara Memperbaiki Menu “Open With” Yang Terduplikasi

Kuswanto - Minggu, 11 November 2012 | 12:55
Cara Memperbaiki Menu “Open With” Yang Terduplikasi

Finder, oh Finder… Sudah banyak tips yang dituliskan, ada juga aplikasi yang membuatnya menjadi lebih kuat. Tapi orang tetap tidak akan puas dengannya, dan seringkali ada saja masalah yang terjadi.

Saya sendiri seringkali bermasalah dengan Finder. Salah satunya adalah masalah dengan daftar aplikasi yang muncul berulang-ulang pada menu Open With. Entah apa penyebabnya, awalnya aplikasinya menjadi ganda, kemudian ada yang sampai diulang tiga kali. Entah kapan mulai terjadinya, saya tidak ingat pastinya. Tapi, masalah ini saya diamkan karena pada saat itu aplikasi saya masih sedikit dan tidak terlalu mengganggu.

Setelah diselidiki, ternyata masalahnya disebabkan database sistem Launch Services yang korup, menyebabkan daftar aplikasi berganda. Untuk memperbaikinya tinggal melakukan mereset Launch Service menggunakan perintah teks berikut ini di Terminal.

/System/Library/Frameworks/CoreServices.framework/Frameworks/ LaunchServices.framework/Support/lsregister -kill -r -domain local -domain system -domain user 
Karena penyakit Finder saya sudah cukup lama, dibutuhkan lebih dari 5 menit untuk menyelesaikan perintah di atas.

Hasilnya akan langsung terlihat kembali, menu Open With kembali menjadi normal. Tidak ada lagi aplikasi yang terulang-ulang.

Apabila Finder Anda mengalami masalah yang sama, sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest