Follow Us

Evernote 5: Aplikasi Catatan Yang Lebih Dari Sekedar Mencatat

Ricardo Parker - Senin, 12 November 2012 | 14:51
Evernote 5: Aplikasi Catatan Yang Lebih Dari Sekedar Mencatat

Pada tanggal 7 November 2012, saya menerima email dari tim Evernote. Dalam email tersebut disebutkan bahwa developer Evernote sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memikirkan ide baru untuk memperbaharui aplikasi Evernote mereka. Sehari berselang, hasilnya pun muncul di App Store yaitu Evernote versi yang ke 5.

Jika Anda sudah pernah memakai Evernote, maka Anda akan langsung bisa melihat perbedaan apa yang dibawa oleh Evernote 5 ini. Yang pertama adalah warna icon Evernote yang menjadi lebih hijau. Selanjutnya ketika menjalankan aplikasi ini, Anda akan menemukan user interface yang baru, perpindahan antar halaman yang halus dan tentu saja kemampuan yang lebih baik daripada Evernote versi sebelumnya.

Namun yang paling menarik dari update Evernote kali ini bukan hanya antarmukanya yang baru, melainkan kemampuan aplikasi ini yang lebih terstruktur dalam menyimpan catatan. Evernote memang memiliki rating yang cukup baik di App Store. Walaupun begitu ada juga yang berkomentar bahwa Evernote versi sebelumnya terlalu sulit untuk digunakan dan terlalu banyak tombol back. Jadi boleh dibilang, dengan update kali ini Evernote telah menjawab keluhan dari pengguna yang mengharapkan perbaikan dari aplikasi ini.

Evernote versi yang kelima ini memiliki struktur navigasi berupa tab-tab berwarna hijau. Tab itu antara lain, All Notes, Notebooks, Tags, Places, dan yang terakhir Go Premium. Selain itu Anda juga akan menemukan 3 Quick Note Buttons yang terletak di atas tab navigasi. Dengan menekan salah satu tombol itu, Anda bisa langsung membuat sebuah catatan baru, mengambil foto, dan tombol yang terakhir bisa Anda gunakan untuk scan sebuah dokumen.

Update terbaru dari Evernote kali ini juga membawa sebuah fitur baru, yaitu geo tagged note. Dengan fitur ini, catatan yang Anda buat akan disimpan beserta data tentang tempat dimana Anda membuat catatan itu. Anda cukup pilih Tab Places, kemudian Anda akan mendapatkan sebuah catatan lengkap dengan peta dimana catatan itu dibuat.

Selanjutnya adalah Tab Go Premium. Tab ini akan sangat berguna untuk Anda yang betul-betul membutuhkan aplikasi Evernote. Karena dengan menggunakan fitur Premium dari aplikasi Evernote ini, Anda akan mendapatkan space penyimpanan yang lebih besar dan juga kemampuan untuk mengupload sebuah dokumen.

Ditambah Anda juga bisa menggunakan fitur pencarian kata dari sebuah dokumen yang berbentuk PDF dan juga kemampuan mengakses Notebook yang Anda simpan di Evernote secara offline. Lewat fitur Premium, Anda juga akan diberikan sebuah akses untuk memberi password untuk membuka aplikasi Evernote ini.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa Update Evernote yang ke 5 ini telah membuktikan bahwa sebuah aplikasi yang fungsinya hanya sebagai catatan pun bisa memiliki kemampuan yang lebih luas lagi daripada hanya menyimpan sebuah catatan. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah ada Anda memiliki rekomendasi aplikasi catatan lainnya? Beritahu kami di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest