Follow Us

Apple Setuju Membayar 21 Juta Dollar Terkait Pemakaian Desain Jam Klasik Milik SBB

Hendra Saputra - Senin, 12 November 2012 | 12:58
Apple Setuju Membayar 21 Juta Dollar Terkait Pemakaian Desain Jam Klasik Milik SBB

Akhirnya, Apple diharuskan untuk membayar 21 juta US Dollar (17 juta Euro) kepada Swiss Railway Station (SBB) terkait penggunaan desain jam di aplikasi Clock pada iOS 6 iPad.

Berdasarkan berita yang datang dari salah seorang sumber untuk media berita Tagesanzeiger (via AFP), Apple bersedia untuk membayar sejumlah uang dengan nominal tersebut agar mereka tetap bisa menggunakan desain jam yang juga digunakan oleh merk jam ternama Mondaine.

US tech giant Apple has dished out 20 million Swiss francs ($21 million, 17 million euros) to compensate Swiss national rail operator SBB for using its famous clock without permission, a Swiss daily reported Saturday.

The company agreed in October to pay the lump sum so it could continue using SBB’s Swiss-designed station clock face on its iPads and iPhones, the Tages-Anzeiger daily reported on its website, quoting several unnamed sources.

SBB belum memberikan komentarnya sama sekali, seperti yang dilansir dari AFP.

Sebelumnya, Apple terancam dituntut oleh SBB dan Mondaine terkait penggunaan desain jam buatan Hanz Hilfiker pada tahun 1944 tersebut.

Tidak berapa lama berselang, kedua pihak diketahui sudah sepakat untuk membicarakan hal tersebut. Alih-alih SBB tersinggung akibat “pencurian” ini, Patricia Claivaz, salah seorang representasi SBB mengaku bangga bahwa perusahaan sekelas Apple menggunakan desain dari jam klasik milik mereka.

Menurut saya, agak disayangkan Apple harus mengeluarkan uang sebesar itu hanya untuk melisensi desain jam klasik ini. Apple, seperti yang kita ketahui, merupakan sebuah perusahaan dengan selera desain yang tinggi. Agak tidak masuk akal memang apabila tidak ada satupun dari desainer mereka yang tidak mampu mendesain sebuah jam yang baik, bahkan lebih bagus daripada jam klasik milik SBB ini. Belum diketahui apa alasan Apple menggunakan desain jam milik SBB tersebut.

Apa pendapatmu? Silahkan bagikan di kolom komentar.

[source site_name = “Tagesanzeiger|via AFP” site_url = “http://www.tagesanzeiger.ch/wirtschaft/unternehmen-und-konjunktur/Der-Streit-mit-Apple-schwemmt-Millionen-in-die-SBBKasse/story/29888690|http://www.google.com/hostednews/afp/article/ALeqM5gDZ2GU-p39G5YagBJPagQWlciaxQ”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest