Follow Us

Mantan CEO Apple: Perusahaan-Perusahaan Sillicon Valley Harus Fokus Terhadap Ide

Hendra Saputra - Senin, 12 November 2012 | 14:08
Mantan CEO Apple: Perusahaan-Perusahaan Sillicon Valley Harus Fokus Terhadap Ide

Mantan CEO Apple, John Sculley, berdasarkan wawancaranya dengan Bloomberg (via BusinessInsider) mengatakan bahwa Sillicon Valley memerlukan perusahaan yang memiliki fokus akan sebuah ide meski dengan keuntungan yang sedikit.

Ia mengatakan dalam wawancaranya dengan Tom Keene dari Bloomberg bahwa kekuatan sebenarnya dari Sillicon Valley adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk berani mengambil resiko. Ia juga mengutarakan bahwa ia tidak bisa mengingat kapan terakhir kali Bill Gates dan Steve Jobs membicarakan soal uang ketika berbincang dengannya.

“The real strength of Silicon Valley is very talented people willing to take big risks – too big – to do big things,” Sculley said in an interview with Tom Keene on Bloomberg Television’s “Surveillance” today. “The focus should be doing that, not just making money. I can’t recall a single conversation with Bill Gates and Steve Jobs where they ever talked about making money.”

Sculley juga memberikan pendapatnya soal CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia mengutarakan bahwa sebenarnya Zuckerberg tidak bersalah atas merosotnya harga saham Facebook pasca penawaran saham perdana beberapa bulan lalu.

“I think he has the right motivations,” Sculley said of Facebook founder Mark Zuckerberg and the company’s IPO. “I don’t think the Facebook problem was Mark Zuckerberg. I think it was all the other people around him.”

Sebelumnya, John Sculley adalah seorang CEO Aple pada tahun 1983. Steve Jobs sendiri dipecat olehnya, padahal Steve Jobs sebelumnya yang menawarkan pekerjaan tersebut kepadanya. Berdasarkan kutipan yang ada di buku biografi Steve Jobs oleh Walter Isaacson, ketika menawarkan pekerjaan tersebut kepada Sculley, Steve Jobs mengatakan sesuatu yang hingga sekarang sangat menginspirasi saya hingga sekarang:

“Apakah kamu mau menghabiskan seumur hidupmu untuk menjual air gula? Atau kau mau ikut denganku untuk mengubah dunia?”.

Sekedar informasi, sebelumnya Sculley bekerja di Pepsi.

[source site_name = “BusinessInsider” site_url = “http://www.businessinsider.com/ex-apple-ceo-john-sculely-silicon-valleys-future-relies-on-big-ideas-2012-11”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest