Follow Us

Remotix for Mac: VNC Viewer Buat Mac

Sayz Lim - Senin, 12 November 2012 | 16:50
Remotix for Mac: VNC Viewer Buat Mac

Dapat mengakses Mac di rumah ketika berada di lokasi manapun memiliki kelebihan tersendiri. Sebelumnya kami pernah mengulas Remotix buat iOS yang dibuat oleh Nulana. Dengan menggunakan Remotix untuk iOS, saya bisa mengendalikan Mac dalam satu jaringan menggunakan iPad ataupun iPhone. Apabila Anda terbiasa dengan VNC, maka Anda bahkan bisa mengendalikan Mac tanpa harus berada di satu jaringan.

Kini mereka membawa Remotix dari iOS ke Mac. Salah satu fungsi yang sudah wajib ada adalah sinkronisasi iCloud. Setiap server dan komputer yang sudah tersimpan dalam pengaturan akan bisa diakses pada iPhone dan iPad yang memiliki Remotix dengan akun iCloud yang sama. Fitur ini tentu saja menghemat waktu yang diperlukan mengatur koneksi-koneksi yang sudah ada.

Pengaturan Otomatis dan Kualitas Buffering

Jujur saja, saya tidak berpengalaman dalam menggunakan VNC. Jadi agak sulit menunjukkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih VNC. Tetapi satu hal yang pasti, Remotix untuk Mac bekerja dengan baik untuk koneksi antar Mac.

Setiap komputer yang terhubung ke satu jaringan akan muncul dalam daftar yang sudah tersusun dengan rapi. Anda dapat memunculkan dan menyembunyikan sidebar dengan memilih tombol Toogle Sidebar di sisi kiri. Anda juga dapat memindahkan bar tersebut ke bawah dengan drag pegangan di bagian paling kiri.

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya di Remotix untuk iOS, pengaturan ke beberapa mesin seperti Windows dan Mac terdeteksi secara otomatis. Kelebihan ini menjadikan proses pengaturan lancar sehingga yang perlu Anda lakukan hanya memasukkan username dan password.

Ketika terhubung ke sebuah komputer, Anda kemudian dapat menentukan kualitas gambar yang ditampilkan. Pengaturan tersebut dapat dilakukan pada slider di sisi kanan atas dengan kualitas paling rendah menggunakan gambar hitam putih. Untuk jaringan yang lambat, menggunakan kualitas terendah bisa memastikan Anda mengendalikan komputer tanpa ada kendala.

Antarmuka Remotix Untuk Mac

Remotix memberikan kesan yang kurang native di OS X. Ia serasa sebuah aplikasi yang dibungkus dalam jendala OS X, tetapi dalamnya menggunakan komponen-komponen berbeda. Saya bisa merasakan bagian ini dari scrollbar yang tidak menghilang dan tombol-tombol yang tidak menyatu dengan OS X.

Bagi saya, sebuah aplikasi yang membuat antarmuka custom harus memiliki alasan yang kuat. Sampai sekarang pun setiap aplikasi yang saya gunakan memiliki antarmuka yang benar-benar native. Bahkan dengan kustomisasi, tidak banyak yang berubah. Terutama pada tombol-tombol.

Akhir Kata

Bagi orang-orang yang membutuhkan aplikasi VNC, Remotix bisa menjadi salah satu pertimbangan. Harga yang ditawarkan termasuk cukup tinggi, tetapi masih dalam wajar untuk aplikasi-aplikasi di dalam kategori VNC. Buat yang menginginkan sebuah aplikasi VNC sederhana, Remotix sangat pantas dibeli. Tetapi, bagi yang menginginkan fitur yang lebih banyak, masih terdapat aplikasi VNC lainnya untuk Mac sebagai bahan pertimbangan.

Anda dapat mencoba Remotix untuk Mac selama 15 hari secara gratis dengan mengunduhnya dari situs Nulana. Setelah itu, Anda bisa membeli Remotix untuk Mac ($24.99) melalui Mac App Store.

Bagaimana dengan Anda? Aplikasi VNC apa saja yang pantas mendapat posisi di Mac?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest