Follow Us

Mengatur Prioritas Hasil Pencarian Spotlight iOS

Kuswanto - Selasa, 13 November 2012 | 15:10
Mengatur Prioritas Hasil Pencarian Spotlight iOS

Saat ini ada 700ribu aplikasi yang terdapat di App Store, jumlahnya pun terus bertambah. Pengguna baru mungkin hanya menginstall beberapa aplikasi baru, tapi pengguna yang sudah mahir atau cukup lama memakai iPhone bisa mempunyai ratusan aplikasi yang terpasang.

Mulai versi iOS 3, Apple memperkenalkan Spotlight untuk iOS. Fungsinya sama dengan Spotlight pada OS X, yaitu memberikan hasil pencarian yang hasilnya diurutkan berdasarkan jenis konten. Apabila Anda mempunyai ratusan aplikasi, menggunakan Spotlight jauh lebih cepat daripada mencari icon aplikasi tersebut di Home Screen, apalagi kalau Anda memasukannya ke dalam Folders.

Spotlight akan mencari semua data yang ada di iOS. Spotlight akan menampilkan semua yang dapat ditemukan sesuai dengan keyword yang Anda minta. Data yang ditampilkan bisa saja data dari aplikasi lain, musik atau iMessage yang mengandung keyword tersebut. Hasil pencarian tersebut diurutkan berdasarkan pengaturan, jadi belum tentu aplikasi akan selalu berada di paling atas. Kalau Anda memakai Spotlight untuk memanggil aplikasi, agak mengesalkan kalau harus scroll ke bawah untuk menemukan aplikasi tersebut.

Anda bisa mengatur pengaturan prioritas hasil pencarian Spotlight melalui Settings > General > Spotlight Search. Urutan hasil pencarian di Spotlight berdasarkan urutan yang ada di sini. Artinya, apabila Anda sering memanggil aplikasi, tempatkan aplikasi di paling atas. Apabila Anda selalu mencari email, tempatkan Mail ke paling atas. Pada layar ini juga Anda bisa mengucilkan hasil pencarian dengan mematikan checklist. Mengucilkan data yang tidak diperlukan merupakan praktek yang dianjurkan yang dapat mempercepat hasil pencarian Spotlight.

Sebelumnya, Applications ditempatkan di bawah Messages, setelah ditempatkan ke posisi paling atas, hasil pencarian Spotlight menempatkan aplikasi Convertbot pada posisi paling atas.

Gunakanlah Spotlight untuk mencari apapun di iOS. Aturlah prioritasnya berdasarkan kebutuhan Anda, setiap orang pastinya kebutuhannya berbeda-beda, bukan? Apakah Anda selalu memakai Spotlight di iPhone atau iPad?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest