Follow Us

Graviboard: Membuat Icon Home screen Berjatuhan

Andrie Rifani - Sabtu, 17 November 2012 | 13:28
Graviboard: Membuat Icon Home screen Berjatuhan

Mempunyai perangkat iOS memang menjadi sensasi tersendiri bagi pemiliknya. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh iOS adalah tampilannya yang menarik dan mudah untuk digunakan. Jika Anda sudah melakukan Jailbreak, maka tampilan ini bisa Anda modifikasi dengan begitu banyak cara. Make Mac sendiri pernah membahas beberapa aplikasi dan tweak Cydia yang bisa membantu Anda untuk memodifikasi tampilan iOS, antara lain Winterboard, Dreamboard dan baru-baru ini Aquaboard.

Kali ini saya akan menuliskan satu lagi tweak yang menurut saya tidak kalah menarik dari 3 (tiga) aplikasi/tweak yang sebelumnya. Perkenalkan Graviboard, sesuai dengan namanya, aplikasi ini memberikan animasi icon-icon yang terjatuh dan bergerak sesuai dengan arah gravitasi. Tweak menarik besutan Conrad Kramer (@conradev) cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin menikmati tampilan iOS secara berbeda, tanpa merubah tampilan awalnya.

Pengaturan

Graviboard bekerja dengan sedikit bantuan dari Activator, oleh karena itu jika Anda lihat pada Settings > Graviboard, Anda akan diberikan pilihan Activation Methods. Meskipun demikian, Anda juga bisa mengatur agar Graviboard selalu aktif pada menu Automatically Enable. Pada saat Graviboard sedang aktif, Anda bisa mengatur apakah icon-icon yang berjatuhan tersebut bisa tetap dijalankan atau tidak lewat Allow Launching Apps.

Jika Anda mengatur untuk tidak bisa melakukan perpindahan halaman lewat Allow Page Swiping, Anda akan diberikan tambahan bernama Include Dock. Jika menu ini diaktifkan, maka icon-icon yang terdapat pada Dock akan turut berjatuhan. Pengaturan tingkat gravitasi, pantulan dan gesekan bisa Anda tentukan pada Simulation Settings.

Fitur

Pada Graviboard terdapat fitur bernama Finger Mode. Dengan fitur ini, Anda dapat bermain-main dengan icon-icon aplikasi yang berjatuhan pada Home screen. Fitur ini dapat diaktifkan dengan 2 (dua) pilihan, yaitu Gravity Well dan Anti-Gravity Well. Jika Anda memilih Gravity Well, maka icon-icon tersebut akan tertarik ke arah di mana jari Anda menyentuh Home screen. Sebaliknya, pada Anti-Gravity Well jika jari Anda menyentuh Home screen, maka icon-icon akan berlarian menjauhinya. Gambar di bawah ini saya buat dengan menggunakan sedikit bantuan TouchPosé+.

Kesimpulan

Graviboard bisa Anda dapatkan di Cydia seharga $2.99 lewat repository BigBoss. Graviboard bisa digunakan pada perangkat iPad, iPhone dan iPod touch. Sayangnya Graviboard belum mengeluarkan pemutakhiran terbaru agar nantinya bisa digunakan pada iOS 6. Graviboard selalu saya aktifkan tiap kali ada teman yang ingin meminjam perangkat iOS yang saya miliki. Lalu sebelum saya berikan, dengan cepat saya shake dan membiarkan Graviboard melakukan tugasnya. Ekspresi panik, kaget dan bingung pun mulai bermunculan. Jadi, apakah Anda berminat dengan tweak ini?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest