Follow Us

3 Cara Ampuh Menghentikan Spinning Beach Ball

iCreate Indonesia - Senin, 19 November 2012 | 10:16
3 Cara Ampuh Menghentikan Spinning Beach Ball

Spinning beach ball, atau spinning wait cursor, muncul jika aplikasi yang aktif menjadi tidak responsif. Sederhananya, “bola pantai” ini berputar karena komputer Anda tidak bisa menjalankan tugasnya.

Beberapa cara dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut dan Anda akan melihat kehadiran bola ini berkurang secara dramatis.

Tunggu dan Matikan Aplikasi Bermasalah

Untuk beberapa komputer yang lambat, kemunculan beach ball menandakan bahwa proses masih sedang berlanjut dan belum selesai. Beri waktu sebentar untuk aplikasi yang terganggu melanjutkan tugasnya. Jika masih tidak resnposif, buka jendela ‘Force Quit’ dengan menekan Command+Option+Escape lalu matikan aplikasi yang bermasalah.

Temukan Biang Masalah

Kadang-kadang masalah yang muncul bukan berasal dari aplikasi di depan. Proses dari latar belakang juga bisa menjadi penyebab dari spinning beach ball apabila tidak berhasil menyelesaikan tugasnya.

Untuk mencari tahu proses mana yang bermasalah, Anda bisa menjalankan Activity Monitor dan memburu proses bermasalah dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah pernah dituliskan sebelumnya.

Jangan sampai salah mematikan proses dalam Activity Monitor.

Periksa Sisa Kapasitas

Pastikan Anda masih menyisakan ruang 10GB di hard drive, sejumlah yang dibutuhkan bagi RAM Anda untuk berproses. Hal kecil ini sering bisa membantu.

Artikel ini asli dimuat pada iCreate Indonesia Edisi 42. iCreate adalah majalah yang memuat berita terbaru Apple, serta ulasan produk bagi pengguna produk Apple. Follow iCreate Indonesia, atau kunjungi halaman Facebook iCreate Indonesia.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest