Follow Us

FX Photo Studio: Menyediakan 173 Efek Buat Foto-Foto Anda

Sayz Lim - Jumat, 23 November 2012 | 16:43
FX Photo Studio: Menyediakan 173 Efek Buat Foto-Foto Anda

Sebuah foto bagus bisa dihasilkan melalui teknik fotografi yang baik dan pengeditan yang sesuai. Tanpa kedua hal di atas, sebuah foto sulit menyampaikan pesan dari fotografer sepenuhnya.

Tidak semua orang mahir menggunakan Photoshop. Mereka membutuhkan aplikasi sederhana untuk menerapkan sebuah efek dalam foto-foto. Itulah kenapa aplikasi seperti Analog dan FX Photo Studio menarik perhatian orang-orang.

FX Photo Studio ($19.99) adalah aplikasi pengeditan foto dengan 173 efek buat Mac. Seperti Analog, ia mengizinkan Anda menerapkan efek pada foto-foto hanya dengan beberapa langkah tanpa membutuhkan penguasaan mendalam seperti yang dibutuhkan dalam Photoshop maupun Pixelmator. Jumlah efek di FX Photo Studio memang jauh lebih banyak dari Analog.

Kesan pertama FX Photo Studio tidak begitu menyenangkan. Saya merasa menggunakan aplikasi hasil porting dari Java. Hal ini disebabkan oleh penggunaan elemen-elemen yang sangat tidak OS X seperti font rendering yang pecah, desain lambang dan tombol yang berbeda dari biasanya. Ia terasa begitu asing. Tetapi itu tidak menghambat saya mencoba aplikasi ini.

Setelah menjalankan aplikasi, Anda dapat memasukkan foto dengan drag and drop atau memilih Load/Import Image dari tombol splash screen. Tidak tersedia pilihan bulk edit karena Anda hanya bisa memasukkan satu foto setiap kali pengeditan.

Menjelajah setiap efek dapat dilakukan melalui bar bawah. Efek setiap foto akan ditampilkan setelah selang beberapa detik dalam proses penjelajahan. Mencoba 173 efek tentu saja memakan waktu. Oleh karena itu, Anda bisa menyaring efek-efek melalui drop down menu di sebelah favorites. Kolom pencarian juga cukup berguna apabila Anda ingat nama efek yang dicari. Bila menyukai sebuah efek, Anda bisa menyimpannya dalam tab favorites dengan menyalakan bintang di sisi kanan bawah thumbnail efek.

Tentu saja nilai jual dari aplikasi ini adalah efek-efek foto. Saya mencoba beberapa efek menggunakan foto hasil pencarian di Flickr. Beberapa memang cukup menarik bagi seseorang yang tidak memiliki pengalaman fotografi. Anda juga dapat membandingkan hasil sebelum dan sesudah dengan memilih tombol Quick Compare. Efek yang dipilih dapat diatur kembali apabila Anda ingin hasil yang lebih berbeda. Dari semua efek yang ada, tanpa memandang foto yang digunakan, dapat dirasakan bahwa efek yang baik lebih banyak dari yang tidak berguna.

Pada versi terbaru ini juga terdapat masking mode. Melalui masking mode, Anda bisa menentukan wilayah mana saja yang akan menerima efek รขโ‚ฌโ€ berguna untuk mengubah warna objek tertentu seperti kulit orang. Kombinasi beberapa efek dapat disimpan dalam presets, dengan memilih Add Presets, sehingga Anda dapat menghasilkan efek yang sama tanpa harus mengulangi langkah-langkah yang pernah diambil. Fitur dasar seperti cropping, pengaturan exposure, brightness, dan hue juga dapat ditemukan dalam aplikasi ini. Kemampuan tersebut sangat berguna baik sebelum atau setelah menerapkan efek-efek.

Anda bisa langsung membagikan hasil foto ke jejaring sosial melalui tombol Share di atas. FX Photo Studio mendukung layanan Twitter, Tumblr, Facebook, Flickr, dan email. Dukungan pembagian Twitter dan Facebook menggunakan bawaan Mountain Lion. Anda juga dapat mengatur resolusi foto sebelum dibagikan ke jejaring sosial pilihan Anda.

FX Photo Studio adalah sebuah aplikasi yang cukup baik dalam menerapkan efek-efek foto. Namun untuk sebuah aplikasi OS X, ia masih bisa ditingkatkan lagi. Selain tampilan yang harus dibuat semakin native, dukungan shortcut juga harus dibuat lebih alami. Pasalnya shortcut Command+A yang seharusnya Select All digunakan mereka untuk Adjust. Bahkan ia tidak mengingat keadaan terakhir dia saat memasuki full screen, menyebabkan saya harus menekan full screen setiap menjalankan FX Photo Studio.

Apabila Anda belum memiliki aplikasi sejenis FX Photo Studio, maka ia bisa menjadi pertimbangan. Secara pribadi, saya lebih menyukai antarmuka Analog yang berkesan lebih native dan terpoles dengan teliti. Tetapi dalam urusan jumlah efek, FX Photo Studio ($19.99) mampu menyaingi Analog yang terbatas dalam jumlah efek.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest