Follow Us

Buat Mac Mengucapkan Beragam Bahasa Dengan Extension Alfred

Sayz Lim - Senin, 26 November 2012 | 17:08
Buat Mac Mengucapkan Beragam Bahasa Dengan Extension Alfred

Sebagian orang, terutama yang besar di lingkungan yang berbeda-beda, hanya memahami bahasa tertentu secara lisan. Bisa memahami bahasa Jepang, Mandarin, atau Korea, seseorang belum tentu bisa membaca dan menuliskan semua bahasa yang disebutkan. Kurangnya pendidikan dalam membaca dan menulis menjadi penyebab utama kasus di atas.

Apple sudah lama mengenalkan Text to Speech di OS X. Tepatnya pada OS X Lion, sistem operasi Apple dengan perubahan terbanyak sejak Leopard, mulai menggunakan speech dengan kualitas lebih tinggi. Perubahan tersebut menjadikan Text to Speech semakin berguna. Saya menjadi lebih sering memanfaatkan fitur speech untuk memeriksa pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Namun semua itu bukan tanpa kekurangan. Kekurangan tersebut, dengan meminta OS X membacakan teks melalui secondary click, adalah keterbatasan pilihan bahasa. OS X dibatasi oleh suara sistem. Meminta OS X membaca teks bahasa asing, misalnya bahasa Mandarin menggunakan suara Alex (suara sistem lelaki buat bahasa Inggris), membutuhkan perubahan pengaturan dari Speech & Dictation yang sesuai. Memang sulit meminta OS X untuk membaca berbagai bahasa melalui secondary click, tetapi ada pilihan lain, yaitu melalui Terminal.

Melalui Terminal, OS X bisa membacakan teks di luar suara sistem tanpa mengubah pengaturan. Anda hanya perlu memasukkan perintah-perintah di bawah:

say [-v suara] [pesan]
Misalnya Anda menginginkan OS X untuk membaca teks bahasa Indonesia, maka Anda perlu mengunduh Damayanti ke sistem terlebih dahulu. Setelah selesai, masukkan perintah di bawah untuk meminta Damayanti mengucapkan tulisan yang diinginkan — pada contoh ini kita akan menggunakan “Selamat mencoba fitur OS X”.

say -v Damayanti Selamat mencoba fitur OS X
Apa yang harus dilakukan apabila Anda sering menggunakan fitur ini? Salah satu pilihan adalah Alfred.

Mempermudah Dengan Extension Alfred

Alfred Powerpack dibutuhkan untuk memasang extension. Saya pernah menuliskan mengapa Alfred lebih baik dari Spotlight. Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang serupa — misalnya LaunchBar — dengan fitur memasukkan kalimat ke shell script untuk mencapai hal yang sama.

Apabila Anda sudah menggunakan Alfred Powerpack, maka nyalakan halaman pengaturan Alfred, kemudian pindah ke tab Extensions. Buat sebuah extension shell script dan isi informasi dengan lengkap; pada kesempatan ini, ganti juga lambang extension. Pilih Create dan isi setiap baris sesuai fungsinya:

  • Title: Judul yang akan ditampilkan pada hasil pencarian Alfred. Bisa diisi dengan “Prounounce in Japanese” atau kalimat lain.
  • Description: Deskripsi di bawah judul extension. Bisa dikosongkan.
  • Keyword: Kata kunci yang digunakan dalam pencarian Alfred. Biasanya saya menggunakan singkatan negara dari iTunes Store, tetapi Anda bisa menggunakan yang lain.
  • Command: Perintah untuk bahasa yang diinginkan.
  • Parameter: Menentukan apakah extension wajib memiliki parameter agar bisa berfungsi. Pilih Required Parameter dalam kasus ini.

Pada bagian command terdapat beberapa perubahan. Bukannya memasukkan pesan yang diinginkan, kita mengganti bagian tersebut dengan {query} sehingga berupa menjadi:

say -v Ya-Ling {query}
Tips: Mengetahui suara sistem yang perlu dimasukkan dapat melalui pengaturan Dictation & Speech. Suara sistem untuk setiap bahasa terdapat dalam kolom System Voice.

Peran {query}, pada command di atas, adalah sebagai pengganti kalimat yang akan dimasukkan nanti melalui Alfred. Nanti Anda akan menggunakannya untuk membuat extension Alfred lainnya yang bisa menerima parameter. Setelah diisi semuanya, pilih Save.

Sekarang saatnya mencoba extension yang baru selesai dibuat. Jalankan Alfred dan masukkan kata kunci extension. Saat menekan enter, apabila sudah memilih required parameter, Alfred akan tetap meminta kalimat yang ingin dibacakan. Masukkan dan sekarang Anda memiliki sebuah Mac yang mampu membaca semua bahasa (dengan catatan sudah mengunduh setiap bahasa yang dibutuhkan.) Apabila memiliki pertanyaan mengenai tutorial ini, silakan tinggalkan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest