Follow Us

4 Tips Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas iCloud

iCreate Indonesia - Kamis, 29 November 2012 | 14:53
4 Tips Mudah Menghemat Penggunaan Kapasitas iCloud

iCloud merupakan layanan yang bagus dengan bonus 5 GB gratis untuk pemakaian awal. Jika Anda tidak berencana untuk membayar dan menambah kapasitasnya, bisa jadi data akan cepat memenuhi wadah Anda, apalagi setelah Mountain Lion dan iOS 6 memperkenalkan lebih banyak cara untuk menggunakan layanan iCloud dibanding sebelumnya.

Memilah pemakaian kapasitas 5 GB tergantung cara Anda menggunakan iCloud. Awali dengan memeriksa file pada setiap Documents di pengaturan iCloud, kemudian tarik data lama, tidak aktif, dan yang tidak digunakan ke dalam hard drive Mac Anda. Lakukan hal yang sama untuk PDF ukuran besar, Pages yang mengandung banyak data media, atau presentasi Keynote untuk menyisakan banyak ruang.

Lihat juga backup dari perangkat iOS Anda, game dengan Retina di iPad terbaru biasanya menyimpan data di iCloud, bisa jadi kurang penting jika Anda tidak sinkronisasi di banyak perangkat. Yang terakhir, jika Anda menggunakan Photo Stream di Mac dan iOS, nonaktifkan backup Camera Roll. Semua foto sudah disinkronisasi dan disimpan di Mac jadi Anda tidak perlu backup dua kali. Kami jelaskan detailnya dalam empat langkah bawah ini.

Pindahkan dokumen: Ingat bahwa Documents di Cloud bisa menyita banyak kapasitas iCloud Anda. Hapus data yang tidak dibutuhkan atau pindahkan ke Mac.

Non-aktifkan Aplikasi: Masuk ke ‘Settings’ lalu tap ‘iCloud’ > ‘Storage & backups’ > ‘Manage Storage’,  kemudian pilih mana yang ingin dinonaktifkan.

Matikan Backup Camera Roll: Nonaktifkan backup Camera Roll karena menyita banyak ruang dan kebanyakan foto Anda sudah tersimpan di Photo Stream (layanan gratis).

Lampiran Email: Email dengan lampiran berukuran besar juga bisa menyita kapasitas. Pastikan Anda memeriksanya juga, pindahkan lampiran agar lebih banyak lagi ruang yang ada.

Artikel ini asli dimuat pada iCreate Indonesia Edisi 42. iCreate adalah majalah yang memuat berita terbaru Apple, serta ulasan produk bagi pengguna produk Apple. Follow iCreate Indonesia, atau kunjungi halaman Facebook iCreate Indonesia.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest