Follow Us

Instago: Telusuri Instagram Melalui Foursquare

Ricardo Parker - Rabu, 05 Desember 2012 | 12:20
Instago: Telusuri Instagram Melalui Foursquare

Apa jadinya jika dua buah aplikasi seperti Instagram dan Foursquare digabungkan? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menggunakan Instago yang dikembangkan oleh Nathan Mock. Dengan Instago Anda bisa menjelajahi seluruh dunia lewat foto-foto yang ada di Instagram dan dibantu Foursquare sebagai informasi tempat foto itu diambil. Mungkin ini sebabnya Instago masuk ke dalam kategori Travel bukan Photo & Video di App Store.

Instago membawa penggunanya untuk berkeliling dunia lewat foto-foto yang ada di setiap tempat di seluruh dunia. Dengan kata lain, lewat Instago Anda bisa tour berkeliling dunia tetapi hanya visual tour saja.

Ketika menjalankan aplikasi Instago pertama kali, Anda akan diberikan pilihan untuk login menggunakan akun Instagram dan juga Foursquare. Instagram akan membantu aplikasi ini untuk mencari foto yang Anda ingin lihat dari suatu tempat. Sedangkan Foursquare tentu saja digunakan aplikasi ini untuk mencari tempat yang sudah Anda tentukan sebelumnya untuk Anda explore lebih jauh.

Masuk ke halaman utama, Instago akan meminta izin Anda terlebih dahulu untuk menggunakan location service agar bisa menampilkan tempat-tempat yang ada di sekitar Anda. Setelah Anda memberikan izin Instago untuk menggunakan location service maka Anda akan langsung diberikan urutan tempat-tempat yang berada di sekitar Anda. Tap salah satu tempat itu, maka Anda dapat melihat foto-foto yang ada ditempat itu.

Dalam kasus saya pribadi saat menggunakan Instago, saya dapat menemukan banyak tempat yang ada di sekitar saya. Namun, tidak semua tempat yang ada di urutan tersebut memiliki foto di dalamnya. Cara yang paling mudah untuk memastikan apakah tempat itu memiliki foto di dalamnya adalah dengan menggunakan Popularity Meter yang letaknya di sebelah kanan nama sebuah tempat. Semakin hijau Popularity Meter suatu tempat, maka dapat dipastikan tempat itu memiliki foto di dalamnya.

Selanjutnya, jika Anda ingin menelusuri tempat-tempat yang ada di seluruh dunia maka Anda bisa menggunakan tombol explore yang letaknya ada di atas halaman utama. Untuk menelusuri sebuah tempat, Instago memberikan Anda 3 pilihan filter yang bisa digunakan yaitu Map, Nearby, dan Global.

Dengan filter Map, Anda bisa mencari sebuah tempat dengan menjatuhkan Pin di sebuah titik yang ada di peta. Filter global bisa Anda gunakan untuk mencari sebuah tempat dengan mengetik nama tempat yang ingin Anda explore. Misalnya jika Anda ingin menelusuri Apple Store yang berada di Palo Alto, maka Anda tinggal ketik Apple Store Palo Alto di Searching Bar dan tempat-tempat yang berhubungan dengan keyword itu akan muncul dalam urutan, lengkap dengan popularity bar dari setiap tempat tersebut.

Foto-foto yang ada di sebuah tempat akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail-thumbnail. Tap salah satu foto yang Anda inginkan, maka Anda dapat melihat foto itu dengan ukuran yang lebih besar beserta dengan pengguna yang menguploadnya dan juga deskripsi dari foto itu. Selain itu, ketika Anda melihat sebuah foto dalam ukuran yang lebih besar Anda juga akan menemukan sebuah button dengan gambar camera didalamnya. Button itu berfungsi untuk melihat foto itu langsung dalam aplikasi Instagram, sehingga Anda langsung bisa memberikan like atau mungkin memberikan komentar terhadap foto itu.

Instago bisa dibilang cukup berhasil untuk mewujudkan tujuan dari aplikasinya yaitu membantu penggunanya untuk melihat dunia lewat foto-foto yang ada di Instagram dengan tempat yang disediakan oleh Foursquare. Design antarmukanya sederhana dan juga sangat intuitif, sehingga Anda tidak akan kesulitan bahkan ketika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini. Kesimpulannya, jika Anda memang suka atau menginginkan melakukan tour keliling dunia hanya dengan visual tour dari foto yang orang lain buat maka saya sangat merekomendasikan Instago untuk Anda gunakan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest