Follow Us

Temukan Foto-Foto Berkualitas Dari Komunitas 500px Melalui iPhone

Ricardo Parker - Senin, 10 Desember 2012 | 14:59
Temukan Foto-Foto Berkualitas Dari Komunitas 500px Melalui iPhone

Saya sempat berpikir adakah aplikasi lain yang bisa saya gunakan untuk menemukan foto-foto dari dunia fotografi selain Instagram? Setidaknya aplikasi itu harus memiliki design antarmuka yang baik, begitu juga dengan foto-foto yang ada di dalamnya. Akhirnya saya menemukan 500px. Walaupun aplikasi ini sudah lama dirilis di App Store, namun baru-baru ini aplikasi merilis update yang menambahkan segi kompatibilitas untuk iPhone.

Kamu dapat menemukan foto-foto berkualitas dari 500px melalui fitur Flow. Seperti yang digambarkan oleh nama fitur ini, Flow berfungsi sebagai timeline yang menggambarkan aktifitas orang-orang yang kamu follow di 500px. Seandainya kamu belum mengikuti orang-orang di 500px, maka Flow akan menampilkan foto-foto yang sedang populer.

Sebenarnya 500px adalah sudah berdiri sejak tahun 2003. Sebagai sebuah komunitas, website ini dipenuhi dengan foto-foto yang dimuat oleh fotografer dari seluruh dunia. Foto yang akan kamu temui pun bukan seperti foto yang ada di Instagram, melainkan foto dengan definisi dan kualitas yang sangat tinggi. Dalam website tersebut, kamu juga dapat memberikan vote dan komentar terhadap foto yang sedang kamu lihat.

Untuk urusan desain antarmuka dari aplikasi ini, 500px membuatnya dengan sangat sederhana namun tetap elegan dan intuitif. Di halaman utama, kamu dapat menemukan 3 buah button yang letaknya saling bersebelahan namun memiliki fungsi yang berbeda. Button pertama yang letaknya di sebelah kiri logo 500px bisa kamu gunakan untuk mengatur notifikasi yang akan kamu dapatkan dalam aplikasi ini. Button yang kedua bisa kamu gunakan untuk kembali ke halaman utama atau masuk ke halaman akun kamu dalam 500px. Dan button yang terakhir bisa kamu gunakan untuk memilih kategori foto yang ingin dilihat.

Ada 3 kategori dalam aplikasi ini antara lain, Populer, Editor Choice’s dan yang terakhir Flow. Kategori Populer bisa kamu gunakan untuk melihat foto yang sedang populer pada saat itu, sedangkan kategori Editor Choice’s bisa kamu gunakan untuk melihat foto terbaik versi dari editor 500px. Setiap foto dari setiap kategori bisa kamu tap untuk melihat dalam ukuran yang lebih besar beserta pengguna yang menghasilkan foto dan juga jumlah like dan komentar dari foto itu.

Tap di nama pengguna dari foto itu akan membawa kamu ke dalam timeline pengguna itu dan selanjut kamu bisa follow pengguna tersebut. Kategori yang ketiga yaitu Flow merupakan halaman kategori dimana kamu bisa melihat timeline dari pengguna yang sudah kamu follow dalam 500px. Namun sayangnya, untuk kategori Flow ini hanya bisa kamu nikmati untuk iPhone dan belum untuk iPad.

Walaupun ini merupakan aplikasi foto sharing seperti Instagram, kamu tidak dapat mengupload gambar langsung dari dalam aplikasi ini. Semua foto yang ingin kamu upload ke dalam 500px hanya dapat kamu upload lewat website 500px itu sendiri. Dengan kata lain, dalam aplikasi ini kamu hanya dapat menikmati foto dari pengguna yang kamu follow dan juga mendapatkan notifikasi apabila ada pengguna lain yang memfollow kamu atau memberikan vote dan comment pada foto kamu.

500px disediakan secara gratis untuk kamu download di App Store. Namun ternyata aplikasi ini memiliki In App Purchase yang dapat digunakan jika kamu ingin mendownload foto yang ada di dalam aplikasi ini. Tetapi sebaiknya kamu jangan heran, karena foto yang kamu lihat di dalam website 500px sendiri pun tidak dapat kamu download secara gratis seperti pada website fotografi pada umumnya. Tetapi lagi-lagi 500px mengalami kekurangan dari segi kompatibilitas. Kamu yang menggunakan iPhone tidak dapat membeli foto yang ada di dalam aplikasi, karena fitur itu hanya tersedia untuk iPad.

Akhir kata, 500px memang menawarkan foto-foto yang memiliki kualitas jauh lebih baik daripada aplikasi foto sharing lainnya. Namun harus diakui juga, bahwa 500px memiliki masalah dari segi kompatibilitasnya yang harus segera diperbaiki dari pihak developer 500px itu sendiri.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest