Follow Us

Kepolisian Australia: Apple Maps Dapat Membahayakan Nyawa Manusia

Hendra Saputra - Senin, 10 Desember 2012 | 17:29
Kepolisian Australia: Apple Maps Dapat Membahayakan Nyawa Manusia

Satu lagi berita tidak menyenangkan terkait Apple Maps. Berdasarkan berita yang kami sadur dari MacRumors, kepolisian Australia setempat telah mengeluarkan peringatan akan bahaya menggunakan Apple Maps yang rilis bersama iOS 6 beberapa bulan lalu.

Hal ini dilakukan akibat isu tersesatnya beberapa orang yang menggunakan layanan Maps di Australia.

Awalnya, beberapa orang itu berniat untuk pergi ke sebuah kota bernama Mildura, Australia. Mereka menggunakan Apple Maps untuk mencapai lokasi tersebut. Alih-alih tiba di tempat tujuan dengan selamat sentosa, mereka malah tersesat dan tiba di Murray-Sunset National Park, Australia.

Kepolisian setempat menginformasikan bahwa daerah tersebut tidak memiliki suplai air bersih yang banyak. Bahkan suhunya bisa mencapai 46 derajat celcius. Hal ini sangat meresahkan karena nyawa manusia yang jadi taruhannya.

…Some of the motorists located by police have been stranded for up to 24 hours without food or water and have walked long distances through dangerous terrain to get phone reception.

Uji coba sendiri sudah dilakukan oleh kepolisian setempat untuk mengetahui keakuratan data Apple Maps. Dari hasil tersebut, diketahui ternyata lokasi asli Mildura terpaut 70 KM dari yang ditunjukan oleh Apple Maps. Dan karena hal ini, sudah 6 orang yang tersesat di daerah itu karena Apple Maps.

Apple Maps memang menuai banyak kritik dari awal kehadirannya. Para pengguna mengeluhkan render yang buruk, hingga lokasi yang tidak akurat dari Maps. Terkait hal ini, Tim Cook sempat mengungkapkan permohonan maafnya soal keburukan Maps.

Saya sendiri pernah punya pengalaman tersesat dengan Apple Maps. Pada saat itu, saya bermaksud datang ke kantor Kaskus yang terletak di daerah Jakarta Selatan. Karena saya agak kurang menguasai jalan di sana, akhirnya saya memanfaatkan Apple Maps. Namun pada akhirnya, saya malah berlabuh di Four Season Hotel.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu pernah mengalami hal yang sama dengan saya atau dengan orang-orang di Australia tersebut? Silahkan bagikan di kolom komentar.

[source site_name = “Vicpolicenews|via MacRumors” site_url = “http://www.vicpolicenews.com.au/more-news/11081-police-concerned-with-apple-ios-6-mapping-system.html|http://www.macrumors.com/2012/12/09/australian-police-warn-against-use-of-apple-maps-due-to-safety-concerns/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest