Follow Us

Rover: Menemukan Tempat Baru Tanpa Mengetahui Namanya

Ricardo Parker - Rabu, 26 Desember 2012 | 12:52
Rover: Menemukan Tempat Baru Tanpa Mengetahui Namanya

Saat ini aplikasi yang berfungsi sebagai location discovery sudah banyak kita temukan di App Store. Mulai dari aplikasi yang dibuat oleh developer luar seperti Yelp atau Foursquare sampai aplikasi yang dibuat oleh developer lokal seperti Darisini dan juga Harpoen. Oleh karena itu, jika ada aplikasi yang muncul dengan menawarkan fitur location discovery seharusnya aplikasi itu memiliki tampilan design antarmuka yang menarik dan cara menggunakannya yang simple dan rasanya itu bisa kamu temukan lewat Rover.

Rover – Find Stuff yang dibuat oleh Luke Freeman adalah sebuah aplikasi location discovery yang akan membantu kamu untuk mencari sebuah tempat dengan cara yang sangat mudah. Jadi kalau kamu bertanya apa perbedaan Rover dengan aplikasi location discovery yang lainnya, mungkin jawaban yang tepat adalah dari cara menggunakan Rover yang sangat mudah.

Ketika kamu menggunakannya pertama kali, kamu hanya akan melihat sebuah search bar dan juga sebuah tempat yang mungkin kamu ingin tuju. Di searching bar itu kamu cukup menginput sebuah keyword dan setelahnya kamu akan melihat sebuah list yang Rover temukan berdasarkan keyword yang kamu input tadi.

Dalam Rover, kamu tidak bisa menginput sebuah kata yang spesifik dalam aplikasi ini, melainkan hanya keywordnya saja. Jadi misalnya kamu sedang mencari Starbucks, maka yang harus kamu input ke dalam Rover adalah “Food” atau “Coffee” dan bukan Starbucks. Hasil yang kamu lihat nanti setelah menginput sebuah keyword adalah berupa gambar, deskripsi tempat itu dan juga jarak tempat itu dari tempat kamu yang sekarang.

Jika dari list tersebut kamu menemukan sebuah tempat yang ingin kamu tuju, kamu cukup tap tempat itu dan kemudian kamu akan mendapatkan petunjuk jalan untuk mencapai ke tempat itu. Kamu cukup mengikut petunjuknya sendiri yang berbentuk seperti mata panah dan juga jarak yang harus kamu tempuh untuk sampai disana.

Satuan jarak yang Rover gunakan untuk mengukur jarak sebuah tempat berupa mile bukan meter atau kilometer. Sayangnya, satuan itu tidak bisa kamu rubah karena memang tidak ada bagian pengaturan dalam aplikasi Rover ini. Jadi, kita yang biasa menggunakan satuan meter dan kilometer akan kesulitan ketika harus membaca sebuah jarak dengan mile sebagai satuannya.

Well, jika kamu memang sedang mencari sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencari tempat dengan design antarmuka yang simple dan cara penggunaan yang mudah saya sangat merekomendasikan Rover. Tetapi jika kamu memang tidak terbiasa dengan menggunakan mile sebagai satuan jarak, maka kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti Darisini atau Yelp.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest