Follow Us

Aplikasi Terbaik Pilihan Founder MakeMac Tahun 2012

Kuswanto - Kamis, 27 Desember 2012 | 10:46
Aplikasi Terbaik Pilihan Founder MakeMac Tahun 2012

Setiap orang menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk bermain dan bekerja. Demikian juga dengan diri saya. Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang paling saya sering gunakan dalam satu tahun terakhir.

Mail

Semakin berusaha menggantikan aplikasi Mail dengan aplikasi pengolah email lainnya, semakin saya menyukai Mail. Aplikasi Mail pada Mountain Lion merupakan sebuah peningkatan yang saya tunggu-tunggu. Mail menjadi aplikasi yang paling sering digunakan ketika menggunakan OS X atau iOS.

Saya mendampakan 2 buah fitur yang hanya bisa ditemukan pada Mail di Mountain Lion melalui pemasangan plugin — fitur 3 kolom memudahkan proses pengaturan email dan multiple flags yang namanya bisa diganti.

Reminders

Saya memakai Reminders dan menggunakannya secara intensif semenjak Mountain Lion diluncurkan untuk mengingat dan mencatat tugas-tugas yang harus dituntaskan. Dengan 8 trik ampuh Reminders yang saya temukan, ia menjadi senjata andalan untuk menyelesaikan tugas dengan mudah. Reminders mempunyai antarmuka yang sangat mudah digunakan, dan fitur sinkronisasi antar perangkat via iCloud membuatnya menjadi pemenang.

Safari

Browser lain bisa login ke banyak akun Gmail, yang lainnya lagi mempunyai segudang extension. Tapi, meski dengan berbagai fitur yang dibanggakan browser lain, saya selalu balik lagi ke Safari. Safari menjadi pilihan saya karena fitur-fitur yang pernah saya ulas sebelumnya. Seiring dengan matangnya OS X, maka Safari pun semakin menunjukkan keunggulannya dibandingkan browser lain.

Messages/iMessage

Entah berapa banyak biaya yang sudah saya hemat dengan menggunakan Messages/iMessages sebagai pengganti SMS. Dengan adanya Messages di OS X, tidak perlu lagi meliha iPhone/iPad untuk mengecek pesan baru iMessages.

Sketch

Sudah lama saya mencari aplikasi desain yang mempunyai antarmuka asli OS X. Ketika versi beta Sketch muncul, saya langsung mencobanya. Dengan Sketch proses desain jauh lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi dari Adobe yang terlalu banyak fitur. Sketch memberikan filter-filter Photoshop dengan sistem yang disederhanakan, cocok untuk jenis desain antar muka.

Reeder

Sebagai desainer sekaligus blogger, mengikuti trend merupakan salah satu rutinitas yang harus ditempuh. Dengan Reeder berita dan trend terbaru dapat dipantau melalui aplikasi yang indah. Saya menggunakan Reeder di iPhone, iPad dan OS X hampir tiap hari. Yang membuat saya tetap menggunakan Reeder dikarenakan antarmukanya yang sekarang menjadi benchmark aplikasi lain.

Tweetbot & Osfoora

Tweetbot merupakan aplikasi utama twitter di iOS, tidak ada yang bisa menggantikannya, mungkin flow-nya sudah mendarah daging dengan memori otot. Sedangkan di OS X, Osfoora merupakan aplikasi Twitter utama. Saya semakin suka dengan Osfoora pada update terbaru karena antarmukanya yang mirip dengan Tweetie, dan jujur saja… karena harganya yang lebih murah dibandingkan Tweetbot untuk OS X.

Toshl Finance

Uang datang dan pergi, ketika uang datang terasa banget, tapi ketika uang pergi tidak terasa. Dengan Toshl Finance pencatatan pengeluaran dan pendapatan menjadi lebih mudah dan to the point, cocok dipakai untuk kebutuhan keluarga dengan fitur sinkronisasinya. Saya menggunakanya bersama istri untuk mencatat pengeluaran harian. Toshl juga tersedia versi web yang bisa diakses di komputer.

Droplr & Dropbox

Dua aplikasi ini, Droplr dan Dropbox, merupakan aplikasi berbagi file yang tidak bisa digantikan dengan aplikasi lainnya. Apabila baru mendengar Dropbox, kami sudah mengulas banyak tips mengenai Dropbox. Sedangkan Droplr, digunakan untuk berbagi gambar atau file yang sifatnya instan. Droplr juga mendukung sharing teks dalam format biasa, Markdown atau kode program, membuatnya cocok sekali dengan jenis pekerjaan yang saya lakukan.

Fantastical

Baru-baru ini Fantastical untuk iOS telah tersedia, membuat pengguna Fantastical tersenyum bahagia. Dengan Fantastical, membuat jadwal atau tugas baru hanya cukup mengetik kalimat biasa seperti “Meeting 9am tomorrow” dan Fantastical akan membuatkan jadwal baru dengan nama judul Meeting pada jam 9 pagi esok hari.

Photo Streams, Zite, Pocket

Photo Streams, membantu dalam transfer screenshot atau foto dari iOS tanpa perlu melalui langkah-langkah yang merepotkan. Zite saya baca ketika malam hari untuk mencari artikel atau sumber inspirasi baru untuk esok hari. Ketika menemukan artikel yang menarin, saya selalu masukkan ke Pocket untuk dibaca esoknya.

Itulah aplikasi-aplikasi yang paling berguna dan membuat hidup saya menjadi jauh lebih mudah selama tahun 2012. Bagaimana dengan kamu?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest