Follow Us

Kepolisian Virginia Menyediakan Aplikasi iOS Buat Masyarakat Sekitar

Hendra Saputra - Jumat, 28 Desember 2012 | 10:51
Kepolisian Virginia Menyediakan Aplikasi iOS Buat Masyarakat Sekitar

Sebuah startup bernama iThinQware bekerja sama dengan kepolisian Marion di Virginia untuk mengembangkan aplikasi iOS yang berfungsi melaporkan sebuah kejahatan.

Aplikasi yang bernama iWatchMarion ini memungkinkan para penggunanya untuk melaporkan setiap bentuk kriminalitas yang mereka lihat/alami sendiri secara langsung dalam bentuk email, foto dan juga video kepada para petugas yang berwajib. Dan setelah laporan tersebut masuk, petugas bisa mengetahui lokasi kejadian dengan memanfaatkan lokasi berdasarkan GPS yang ada di iPhone si pelapor.

iWatchMarion sendiri dikembangkan dengan latar belakang peningkatan kepedulian publik terhadap kriminalitas, serta langkah pencegahan terjadinya kasus kejahatan yang seringkali terjadi. Alasan lainnya, agar hubungan masyarakat dengan para petugas yang berwajib dapat lebih dipererat lagi.

Selain itu setiap warga juga bisa mengirimkan tips dalam format teks kepada para petugas melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat fungsional karena dengan memanfaatkannya, para petugas kepolisian bisa lebih cepat mengetahui bila sebuah kejahatan sedang terjadi. Dampaknya sendiri sangat positif bagi masyarakat karena mereka akan lebih merasa nyaman lagi dalam beraktivitas.

Perangkat Apple memang sangat fungsional bagi para penegak hukum yang bisa/mau memanfaatkannya. Sebelumnya, kepolisian di Massachussets berhasil membekuk 4 orang perampok berkat sebuah iPhone yang berhasil dilacak keberadaannya dengan Find my iPhone.

Agak membuat saya iri memang melihat kolaborasi yang terjadi antara petugas di luar sana dengan masyarakatnya. Semoga saja petugas di sini juga melakukan hal yang sama.

[source site_name = “via AppleInsider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/12/12/26/free-ios-app-gets-local-communities-involved-in-crime-watching”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest