Follow Us

Sun: Aplikasi Cuaca Berbasis Web Sempurna

Sayz Lim - Jumat, 04 Januari 2013 | 17:37
Sun: Aplikasi Cuaca Berbasis Web Sempurna

Sedikit berlebihan menyebut Sun sebagai aplikasi berbasis web yang sempurna. Tetapi jika diperhatikan lebih teliti lagi, memang patut aplikasi berbasis web ini diberi nilai 10/10. Sebenarnya apa saja kelebihan dia dibanding aplikasi web lainnya?

Bagi kamu belum tahu apa itu aplikasi berbasis web atau web app, aplikasi sejenis ini tidak harus dibuat menggunakan tool yang disediakan oleh Apple. Mereka dibuat dengan teknologi berbasis web seperti HTML 5 sehingga ia bisa berfungsi seperti aplikasi bawaan di iOS, namun kecepatan dan performa tergantung seberapa canggihnya browser bawaan perangkat, dalam hal ini adalah Safari atau teknologi Webkit.

Untuk memasang Sun, kamu harus membuka tautan ini melalui iPhone ataupun iPad dan memilih tombol panah di bagian atas, kemudian pilih Add to Home screen. Masukkan nama aplikasi sesuai yang tertera dan Sun akan bisa diakses melalui Home screen layaknya aplikasi App Store lainnya.

Ketika menjalankan Sun pertama kali, ia akan meminta izin menggunakan lokasimu. Lokasi tersebut akan ditampilkan pada halaman pertama. Sun mendukung sampai 4 lokasi yang bisa diubah dengan mengakses tombol pengaturan di kanan atas. Untuk berpindah antar satu lokasi ke lokasi lain bisa melalui swipe ke kiri maupun ke kanan.

Selain mengatur lokasi, kamu juga bisa mengatur skema warna yang digunakan. Pilihan metrik seperti Fahreinheit dan Celcius juga terdapat pada halaman ini.

Kalau melihat cuaca satu lokasi saja tidak cukup, silakan coba pinch out untuk menarik tampilan sehingga memunculkan 4 lokasi sekaligus. Sebaliknya, pinch in akan menampilkan lebih banyak informasi cuaca pada lokasi yang terpilih. Sebuah grafik suhu dengan interval 12 jam akan menunjukkan perubahan suhu untuk 10 hari berikutnya. Jika itu belum jelas, tap daftar di bawah untuk melihat cuaca dengan interval 3 jam.

Untuk sebuah web app, Sun termasuk aplikasi berkualitas yang pantas dicoba meskipun kadang-kadang akan terjadi glitch. Apabila kamu ingin mencobanya, segera kunjungi halaman Sun.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest