Follow Us

Menjepret Foto 8-bit Dengan PixelScope

Hendra Saputra - Selasa, 08 Januari 2013 | 17:45
Menjepret Foto 8-bit Dengan PixelScope

Hampir setiap aplikasi pengolah foto buat iOS memiliki kualitas yang bagus, bahkan beberapa di antaranya sangat memukau. Tidak heran memang kalau banyak fotografer lebih memanfaatkan iPhone ketimbang DSLR dalam memotret di acara-acara tertentu.

Dan untuk memperkaya khasanah aplikasi pengolah foto milikmu, kamu bisa mencoba PixelScope yang unik ini.

PixelScope (Free) adalah sebuah aplikasi yang akan membuat foto-fotomu menjadi pixelated atau agak-agak berbau 8 bit. Aplikasi ini membuat saya jatuh cinta kepadanya sejak pertama kali memotret. Foto yang dihasilkan jadi terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

Cara menggunakan PixelScope sangatlah sederhana. Kamu tidak akan dihadapkan dengan pengaturan-pengaturan aneh ala kamera sebelum mengambil foto. Kamu hanya perlu menentukan objek apa yang ingin kamu foto, pilih filter, dan kemudian tembak.

Mengenai filter, Pixelscope telah menyediakan 4 filter menarik yang bisa kamu gunakan. Hmm, saya tidak bisa menyebutkan apa saja namanya karena sang pengembang tidak mencantumkan nama untuk tiap-tiap filter ini. Tapi saya akan hadirkan hasil jepretan dari masing-masing filter dalam screenshot berikut:

Nah, ketika kamu akan mengambil gambar, untuk mengatur tingkat pixelated dari sebuah efek, kamu hanya perlu mengusap layar ke arah atas. Dan bila kamu tidak ingin melakukan tap terus menerus untuk mengubah filter, usap saja layar ke arah kiri.

Setelah mengambil foto, kamu pun bisa memilih untuk menyimpannya, langsung membuangnya ataupun membagikannya ke Facebook, Twitter dan juga Tumblr.

Nah, aplikasi ini sendiri hadir secara gratis di App Store. Tidak ada in-app purchase atau hal-hal berbau pembayaran lainnya di dalam PixelScope (Free). Tugasmu setelah mengunduh aplikasi ini hanyalah mengambil gambar pixelated sebanyak-banyaknya.

Dan bila kamu sudah mengambil gambar, mungkin kamu ingin menambahkan efek lainnya untuk kemudian baru dibagi ke jejaring sosial? Itu sah-sah saja.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest