Follow Us

Mengapa Meninggalkan Review di App Store Membuahkan Karma Baik

Sayz Lim - Rabu, 09 Januari 2013 | 13:51
Mengapa Meninggalkan Review di App Store Membuahkan Karma Baik

Kita semua pernah merasakannya. Baru di ekosistem Apple dan tidak mengenal aplikasi yang bagus di App Store, mencari artikel yang membuat kompilasi aplikasi, dan mencoba satu per satu untuk menemukan yang terbaik. Semua itu karena kurangnya informasi yang membantu dalam memilih aplikasi.

Seperti yang pernah saya jabarkan dalam memilih aplikasi berkualitas di App Store: membaca review itu penting. Tanpa review, kamu bisa dengan mudah jatuh ke perangkap-perangkap penipuan yang dipasang oleh para developer yang tidak bertanggung jawab.

Agar bisa selamat, kita membutuhkan review. Untuk App Store di Amerika Serikat, review bukan sebuah hal yang sulit ditemukan. Rata-rata pengguna memiliki Apple ID di App Store Amerika Serikat, dan salah satu alasannya adalah jumlah koleksi konten terbanyak dari semua App Store. Bagaimana dengan App Store Indonesia?

Sebenarnya belum bisa diketahui apakah orang Indonesia tidak menggunakan App Store Indonesia, atau memang tidak ada yang membeli aplikasi resmi di App Store. Memang syarat untuk meninggalkan review di App Store adalah mempunyai aplikasi itu terlebih dahulu. Jadi untuk meninggalkan review di aplikasi berbayar, yah penggunanya harus membelinya juga. If you don’t own it, you can’t criticize it.

Jadi kita sekarang kembali ke orang-orang yang menggunakan apikasi gratis dan kaum pecinta aplikasi original. Mengapa mereka tidak meninggalkan review? Padahal kebiasaan itu bisa menambah kebaikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Beberapa manfaat dari meninggalkan review:

  • Melatih Kemampuan Menulis: Meninggalkan kritik dengan jelas bukan sebuah hal yang mudah. Mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan sebuah aplikasi ke pengguna lain, kemudian mendapat pujian “This is helpful”. Bukankah cukup memuaskan?
  • Menyelamatkan Pengguna Lain Dari Penipuan: Seandainya kamu lagi sial dan membeli aplikasi palsu. Jangan lupa tinggalkan review yang menyatakan bahwa aplikasi tidak berfungsi apa adanya. Kalau bisa, sekalian laporkan aplikasi ke Apple biar dicabut dan tidak mengambil lebih banyak korban. Bayangkan kalau ada orang yang review terlebih dahulu aplikasi tersebut di App Store, berarti sekarang bukan kamu yang harus review bukan?
  • Membantu Pengembang Menjual Aplikasi: Menjual aplikasi di App Store tidak gampang. Tahukah kamu hanya segilintir pengembang yang benar-benar mendapatkan penghasilan secara konsisten dari App Store. Nah, review yang konstruktif bisa memotivasi developer membuat aplikasi yang lebih baik. Pujian yang jujur dan rating yang cukup tinggi akan meningkatkan penjualan mereka juga.
  • Berpesta di App Store Indonesia: Saya hanya merasa App Store Indonesia terlalu gersang akan review. Jadi mohon taburkan pupuk review biar lebih bagus ke depannya.
Jadi sekarang kamu tahu manfaat dari meninggalkan review. Tips penting yang tidak kalah berguna dalam menyelesaikan masalah pengguna dan menyelamatkan developer dari rating rendah adalah masalah customer support. Halaman review itu ditujukan untuk mengulas fungsi aplikasi, bukan menanyakan cara menggunakan aplikasi. Kalau bingung cara menggunakan aplikasi atau memiliki kendala dengan pembayaran. Gunakan tombol App Support.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest