Follow Us

ReadKit: Aplikasi Read Later Buat Instapaper, Pocket, dan Readibility di Mac

Sayz Lim - Rabu, 09 Januari 2013 | 17:30
ReadKit: Aplikasi Read Later Buat Instapaper, Pocket, dan Readibility di Mac

Pemilik iPhone ataupun iPad selalu dimanjakan dengan berbagai jenis aplikasi yang mendukung pengalaman membaca seperti Instapaper, Pocket, dan Readibility. Terus bagaimana dengan nasib orang yang hanya dibekali Mac saja?

Kalau Pocket memiliki aplikasi buatan mereka sendiri, Instapaper memiliki Read Later yang sudah berhenti dikembangkan Michael Schneider, sekarang adalah software developer Pocket. Pocket memiliki keterbatasan dalam menentukan jenis huruf, Read Later hanya bisa menggunakan Instapaper. Buat orang yang menggunakan kedua-duanya, seperti saya, mendapatkan sebuah aplikasi yang bisa menggabungkan kedua layanan di atas menjadi satu aplikasi di Mac adalah sebuah hadiah yang berharga.

ReadKit ($3.99) yang dikembangkan oleh Balazs Varkonyi memang bekerja dengan praktis. Masukkan akun Instapaper, Pocket, atau Readibility dan ia akan menarik semua artikel ke dalam aplikasi. Balazs memang membuat ReadKit untuk melengkapi pengalaman membaca di Mac yang selama ini kurang mendapat perhatian. Jadi fitur-fitur yang ditawarkan oleh ReadKit juga sederhana, tetapi bekerja dengan stabil.

ReadKit menyediakan 4 tema: Light, Dark, Greenlatte, dan Corporation. Masing-masing memiliki skema warna yang berbeda dan dapat kamu pilih sesuai kesukaan.

Kamu dapat mengatur lebar dan line-height untuk mendapatkan tata letak parafraf yang optimal. Kamu juga bisa menentukan apakah setiap paragraf text-align menggunakan rata kiri, atau rata kiri-kanan. Tentu saja untuk pengalaman membaca yang baik adalah menggunakan text-align rata kiri. Pada saat membaca artikel, apabila kamu merasa sidebar menganggu pandangan, maka kamu dapat menyembunyikan sidebar dengan menekan Command+Shift+L atau lambang mata di pojok kanan bawah. Hasilnya adalah sebuah artikel yang bebas dari distraksi.

ReadKit dapat digunakan tanpa membutuhkan jaringan Internet apabila semua artikel sudah selesai diunduh, tentunya jarang terjadi untuk seorang pengguna Mac yang bergantung pada jaringan Internet. Tetapi jika dipikirkan kembali, offline reading memang dibutuhkan apabila kamu seorang penulis buku yang mematikan Wi-Fi saat memasukin Focus Mode.

Syarat menggunakan ReadKit adalah mempunyai akun Instapaper, Pocket, atau Readibility. Khusus Instapaper, kamu harus berlangganan layanan Premium Instapaper yang membutuhkan biaya $12 per tahun. Sekarang kamu tidak perlu lagi menggunakan 2 aplikasi terpisah. Cukup satu buat membaca yaitu ReadKit ($3.99).


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest