Follow Us

App Store Semakin Aman, Screenshot Aplikasi Dikunci oleh Apple

Kuswanto - Kamis, 10 Januari 2013 | 08:24
App Store Semakin Aman, Screenshot Aplikasi Dikunci oleh Apple

Walaupun kebijakan Apple yang ketat terhadap aplikasi App Store, tetap saja para penipu mendapatkan celah untuk meraup untung dari pengguna yang lengah. Salah satu cara menipu adalah dengan mengganti ke screenshot baru setelah aplikasinya disetujui oleh Apple. Screenshot baru tersebut yang menjadi umpan yang ampuh, gambar yang ditampilkan tidak sesuai dengan fungsi aplikasinya. Sehingga banyak pengguna yang tertipu membeli, tapi ketika dinyalakan aplikasi yang dijalankan berbeda jauh dengan yang discreenshot, bahkan beberapa kasus aplikasinya tidak bisa berjalan sama sekali.

Mulai tanggal 9 Januari, 2013, Apple mengunci screenshot aplikasi setelah disetujui. Untuk mengganti screenshot, pengembang harus membuat versi baru. Langkah ini patut diacungi jempol! Apple membuat App Store menjadi lebih aman, serta mengakhiri modus penipuan melalui screenshot. Apple mengumumkan kebijakan ini melalui halaman News and Announcmente for Apple Developers.

Beginning January 9, app screenshots will be locked in iTunes Connect once your app has been approved. New screenshots may be uploaded when you submit a binary for an update to an existing app or a new app. For more information on capturing and using screenshots, read the Xcode User Guide.

Salah satu contoh aplikasi penipu yang paling heboh adalah Mooncraft. Aplikasi ini menyaru menjadi game Minecraft. Iconnya berupa blok Minecraft, dan screenshotnya-pun mengambil dari Minecraft, padahal gamenya berbeda dengan Minecraft, berikut ini screenshot game aslinya. Blog pengembang Panic mempunyai penjelasan yang lengkap mengenai kasus Mooncraft.

Contoh lainnya, penipu mencoba memakai kepopuleran Pokémon, memakai screenshot dari game Pokémon yang tampaknya diambil dari game Nintendo DS. Pembaca MakeMac pun ada yang melaporkan pernah tertipu oleh aplikasi iBlacklist, yang berpura-pura bisa memblok nomor telepon, padahal iOS tidak bisa melakukan hal tersebut.

Selain mengganti screenshot, para penipu juga membeli layanan review palsu supaya pembeli mempercayai aplikasinya. Biasanya komentar pada review terlihat senada, dan selalu diberi 5 bintang.

Aplikasi-aplikasi yang menipu biasanya ditarik secepetnya oleh Apple setelah ada laporan. Dengan penguncian screenshot akan membuat membuat App Store lebih aman daripada sebelumnya. Walaupun demikian, kita harus tetap hati-hati ketika membeli aplikasi dari App Store, dan jangan lupa buatlah amal baik dengan menuliskan review kepada aplikasi atau game yang kita sukai.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular