Follow Us

Memperbaiki “Wake Up” MacBook Pro Retina Yang Lambat

Sayz Lim - Kamis, 10 Januari 2013 | 12:17
Memperbaiki “Wake Up” MacBook Pro Retina Yang Lambat

Merasa wake up MacBook Pro Retina dan MacBook Air terbaru terlampau lambat? Kamu mungkin bisa memahami pengalaman yang diceritakan oleh Erv Walter.

Ia menceritakan bahwa, meskipun menggunakan MacBook Pro Retina, pada saat membangunkan MacBook, proses dari keadaan sleep ke wake akan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya Mac akan menampilkan dialog box secara langsung di mana sebenarnya hanyalah screenshot keadaan terakhir sebelum Mac memasuki keadaan sleep, di mana sebenarnya kamu tidak dapat mengisi dialog box tersebut. Kira-kira setelah 8–10 detik, kamu baru dapat memasukkan password untuk menyalakan Mac.

MacBook generasi terbaru mengenalkan standby mode dalam upaya memperpanjang durasi standby. Standby mode ini bisa memastikan MacBookmu bertahan sampai 30 hari tanpa terhubung ke colokan listrik. Singkatnya, pada saat Mac dalam keadaan sleep lebih dari 1 jam, maka ia akan menyalin semua keadaan Mac ke dalam hardisk dan otomatis memasuki standby mode.

Solusi yang ditawarkan oleh Erv adalah mengubah waktu yang dibutuhkan untuk memasuki standby mode dari 1 jam menjadi 1 hari. Tentu saja dengan begitu, proses wake up akan menjadi instan. Kamu dapat mengubahnya dengan memasukkan baris berikut ke dalam Terminal:

sudo pmset -a standbydelay 86400
Tips: Untuk memeriksa pengaturan yang sudah berlaku di Mac, kamu bisa menggunakan perintah berikut: pmset -g

Angka 86400 menunjukkan durasi dalam satuan detik. Apabila kamu ingin mengembalikan menjadi 1 jam, cukup masukkan:

sudo pmset -a standbydelay 3600
Tergantung dari kebutuhanmu, apabila kamu selalu melakukan perjalanan jauh di mana Mac selalu didiamkan lebih dari 16 jam, maka standby mode akan menghemat baterai. Tetapi bagi orang-orang yang menggunakan Mac secara aktif setiap hari, proses wake up karena standby mode justru menyebalkan. Jadi cari tahu pengaturan yang pas sesuai kebiasaanmu dalam menggunakan Mac setiap hari.

[source site_name = “Ewal.net” site_url = “http://www.ewal.net/2012/09/09/slow-wake-for-macbook-pro-retina/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest