Follow Us

12 Tahun iTunes dan Cerita di Balik Kehadirannya

Hendra Saputra - Kamis, 10 Januari 2013 | 14:19
12 Tahun iTunes dan Cerita di Balik Kehadirannya

Kini giliran iTunes yang merayakan hari jadinya yang ke–12. Hanya 2 hari berselang setelah Safari berulang tahun yang ke–107 Januari kemarin.

Dan dalam memperingati hari jadi iTunes, Ars Technica menghadirkan sebuah galeri menarik mengenai jejak perubahan antarmuka iTunes dari berupa SoundJam, sampai iTunes 11 yang baru dirilis beberapa bulan lalu.

iTunes sendiri berawal ketika Apple mengakuisisi perusahaan pengembang software musik, SoundJam. Nama-nama besar di balik SoundJam seperti Jeff Robbin, Bill Kincaid dan Dave Heller, diboyong oleh Apple sebagai bagian dari akuisisi tersebut.

Mereka pun mulai mengerjakan iTunes 1.0 berdasarkan pengembangan yang mereka lakukan terhadap Soundjam. iTunes 1.0 mereka buat dengan menyederhanakan tampilan SoundJam, menambahkan fitur burn CDs, serta menghilangkan kemampuan rekam suara dan skin yang sebelumnya ada di software terdahulu.

Akhirnya, iTunes 1.0 siap rilis. Ia diperkenalkan tanggal 9 Januari 2001 ketika event MacWorld berlangsung. Dan menariknya, iTunes 1.0 ini dihadirkan oleh Apple dalam format kepingan CD.

Sekarang iTunes sudah sampai di versi 11.0.1.

iTunes 11 diperkenalkan ketika iPhone 5 event berlangsung September 2012 silam. Terhitung berbagai fitur andalan, telah disematkan Apple di versi ini seperti, perubahan antarmuka yang signifikan, penambahan fitur Up Next, pembaharuan mini player, serta banyak lagi lainnya. MakeMac sendiri pernah menghadirkan ulasan lengkap mengenai iTunes 11.

Okay, cukup menarik memang bila kita menilik sejarah iTunes hingga saat ini. Kamu bisa mengetahuinya serta melihat perubahan antarmuka iTunes secara lengkap di laman milik Ars Technica. Dan bila sudah, kembalilah ke MakeMac untuk memberitahu kami soal pendapatmu mengenai iTunes.

Happy Birthday iTunes.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest