Follow Us

Cara Menggunakan Fitur Dictation di Mountain Lion

Sayz Lim - Jumat, 11 Januari 2013 | 14:23
Cara Menggunakan Fitur Dictation di Mountain Lion

Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara mengaktifkan dan menggunakan Dictation yang menjadi salah satu fitur unggulan di Mountain Lion.

Dictation adalah sebuah fitur di mana kamu cukup mengucapkan kata-kata dan OS X akan mengetik buatmu. Fungsi ini tentu saja sangat berguna apabila kamu ingin membalas pesan singkat dan tidak ingin mengetik. Selain itu, fungsi dari Dictation bisa membantu pengguna yang mengalami masalah dengan mengetik dan juga penglihatan.

Saya sering memanfaatkan fitur ini untuk mendiktekan tulisan Cina. Berhubung saya tidak mengenal karakter Cina, saya perlu memanfaatkan extension Alfred agar OS X membacakannya kembali.

Jika kamu belum pernah menggunakannya, coba buka System Preferences ร‚ยป Dication & Speech dan nyalakan Dictation.

Pada halaman pengaturan ini kamu dapat menentukan bahasa apa yang akan didiktekan oleh OS X. Sayangnya, sekarang belum ada pilihan yang mendukung bahasa Indonesia. Sepertinya masih perlu menunggu sampai waktu itu tiba, tetapi bagi yang menggunakan bahasa Inggris, Jepang, ataupun Korea bisa memanfaatkan fitur ini.

Jangan lupa menentukan shortcut untuk memanggil Dictation. Secara default, shortcutnya adalah menekan Fn dua kali secara berturut-turut. Sebuah lambang mirip dengan Siri menandakan bahwa kamu boleh membacakan teks yang ingin didikte. Tidak perlu khawatir dengan pelafalanmu karena Dication akan berusaha memperbaiki kata-kata yang salah. Semakin sering kamu menggunakan fitur Dictation, maka semakin akurat pula ia menuliskan teks ke depannya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest