Follow Us

Mengubah Tampilan iTunes 11 Menjadi Lebih Bersih

Sayz Lim - Senin, 14 Januari 2013 | 13:49
Mengubah Tampilan iTunes 11 Menjadi Lebih Bersih

Apakah kamu merasa tampilan iTunes 11 terlalu mencolok, terutama pada bagian judul lagu dimainkan? Kalau kamu juga merasa demikian, maka tutorial ini akan mengubah tampilan iTunes 11 menjadi lebih bersih dan minimal.

Weightless iTunes Skin adalah sebuah modifikasi yang dibuat oleh salah satu pengguna DeviantArt dalam upayanya membersihkan iTunes 11 dari unsur-unsur yang terlalu mencolok. Saya selalu menyukai modifikasi yang membersihkan header iTunes sehingga tidak menarik perhatian saat melihat-lihat album dalam library. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerapkan pada iTunes di OS X.

  1. Download Weightless iTunes Skin dari halaman DeviantArt. Biarkan saja terlebih dahulu, nanti kita akan membukanya. Pastikan juga iTunes sedang tidak berjalan.

  2. Jalankan Finder, tekan Command+Shift+G dan masukkan baris berikut:

    /Applications/iTunes.app/Contents/Resources/
  3. Backup terlebih dahulu iTunes.rsrc yang terlihat di sini. File ini menentukan bagaimana tampilan iTunes 11 dan akan ditimpa dengan file modifikasi Weightless iTunes. Cara backup cukup dengan mengganti nama file iTunes.rsrc menjadi iTunes.rsrc_original.

  4. Buka file Weightless iTunes dan pindahkan iTunes.rsrc ke lokasi aplikasi iTunes sebenarnya (tempat di mana lokasi iTunes.rsrc_original berada). Hasilnya akan seperti gambar di bawah.

  5. Setelah selesai, kamu dapat menjalankan iTunes 11 untuk mendapatkan tampilan baru yang lebih refreshing.

Setelah diubah, nanti setiap kali kamu menjalankan iTunes akan muncul sebuah warning seperti screenshot atas yang meminta izin menggunakan akses Internet. Ini bisa terjadi karena isi iTunes sudah tidak sesuai dengan code signature yang telah dibuat, tetapi kamu cukup pilih «Allow» karena ia tidak membawa ancamanan apapun.

Untuk mengembalikan iTunes menjadi semula, kamu cukup menghapus iTunes.rsrc, kemudian ubah nama file iTunes.rsrc_original menjadi iTunes.rsrc kembali. Apabila kamu mempunyai pertanyaan seputar modifikasi ini, silakan tinggalkan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest