Follow Us

F.lux: Mengurangi Keletihan Mata Saat Menatap Layar iPhone dan iPad

Andrie Rifani - Senin, 28 Januari 2013 | 12:27
F.lux: Mengurangi Keletihan Mata Saat Menatap Layar iPhone dan iPad

Apakah kamu pernah mendengar istilah Eye Strain? Bagi kamu yang belum tahu, Eye Strain atau Asthenopia adalah sebuah kondisi yang dapat terjadi pada mata ketika kamu berkonsentrasi dan fokus secara intens pada sesuatu seperti monitor, buku, dan bahkan layar perangkat iOS.

Sebenarnya kita sudah sering mengalami Eye Strain, hal ini dapat kamu periksa dengan melihat layar perangkat iOS. Kamu akan menyadari bahwa pada waktu malam hari, layar tersebut akan terasa lebih biru dibandingkan dengan siang hari.

Beruntung untuk perangkat iOS yang sudah dijailbreak, di Cydia terdapat sebuah tweak bernama f.lux yang mampu mengurangi Eye Strain dengan menambahkan sentuhan warna sephia pada layar perangkat iOS.

Tweak besutan Flux Software LLC (@justgetflux) yang bisa kamu unduh dengan gratis ini sedikit berbeda dengan versi sebelumnya, di mana kamu harus mengatur waktu terlebih dahulu untuk menentukan kapan f.lux akan aktif. Namun pada versi 0.983, f.lux akan meminta kamu untuk mengaktifkan Location Services agar dapat mendeteksi posisimu dan secara otomatis menentukan kapan memasuki petang.

Selesai pemasangan, f.lux akan menambahkan icon pada Home screen kamu. Di sini kamu bisa menyesuaikan cahaya yang kamu inginkan pada siang dan malam hari. Untuk pengaturan yang lebih mendalam, kamu bisa lihat di Settings > f.lux, di sini kamu bisa memilih 4 (empat) jenis pencahayaan seperti Candle, Incandescent, Halogen, dan Fluorescent.

Untuk perangkat iOS kelas terbaru seperti iPhone 4, iPhone 4S dan iPad 2. Kamu juga dapat merasakan transisi perpindahan warna secara perlahan. Sehingga mata kamu baru akan menyadari bahwa f.lux telah berjalan setelah beberapa saat.

Sebagai tambahan informasi, sebelum berada pada perangkat iOS, f.lux sudah terlebih dahulu terdapat pada Mac, Linux dan juga Windows yang juga bisa kamu dapatkan secara gratis. Jadi ayo gunakan f.lux dari sekarang, dan tinggalkan kesan-kesanmu setelah menggunakan f.lux lewat kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest