Follow Us

Plain Cloud: Mengakses Dokumen iCloud Melalui Finder

Sayz Lim - Selasa, 22 Januari 2013 | 12:42
Plain Cloud: Mengakses Dokumen iCloud Melalui Finder

Bila kamu pernah menggunakan Dropbox, maka kamu seharusnya mengetahui manfaat dari iCloud. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pribadi, iCloud juga bekerja layaknya online storage yang terhubung ke setiap aplikasi di iPhone, iPad, dan Mac. Dengan mengetahui fungsi iCloud, kamu bisa memanfaatkannya seperti Dropbox dalam menyimpan dokumen.

Tetapi cara mengakses dokumen di iCloud tidak mudah bagi pengguna pemula. Lokasi setiap dokumen dikelompokkan dalam folder-folder dengan penamaan yang membingungkan, dan biasanya hanya bisa ditemukan apabila pengguna memunculkan folder library. Alhasil, iCloud jarang dimanfaatkan untuk menyimpan dokumen.

Untuk mempermudah proses melihat isi file setiap aplikasi, Cooking Robot membuat Plain Cloud, aplikasi gratis yang mengizinkan kamu mengakses folder iCloud di Finder dalam beberapa langkah sederhana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduh Plain Cloud, kemudian jalankan untuk melihat semua folder beserta jumlah isi folder yang sudah ada di iCloud.

Manfaat dan Resiko

Sebelumnya saya pernah membahas resiko memainkan folder iCloud yang bisa berakibat fatal bila tidak digunakan dengan benar. Saya tetap menyarankan kamu tidak mengubah isi folder iCloud langsung dari dalam Finder sampai kita benar-benar memahami sistem kerja iCloud dalam menangani dokumen.

Namun ini bukan berarti Plain Cloud menjadi tidak berguna. Justru Plain Cloud mempermudah proses mengambil dokumen dari aplikasi yang tidak mempunyai versi Mac. Misalnya kamu mempunyai aplikasi pengolah teks yang hanya mendukung iCloud, maka memindahkan dokumen yang disimpan pada iCloud ke Mac pasti sulit. Dengan Plain Cloud, kamu dapat membuka lokasi penyimpanan teks tersebut dan menyalinnya ke Mac.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest