Follow Us

Zonebox: Aplikasi Timeboxing Sederhana dan Gratis

Sayz Lim - Selasa, 22 Januari 2013 | 16:51
Zonebox: Aplikasi Timeboxing Sederhana dan Gratis

Kebiasaan seorang perfektionis adalah menghabiskan waktu untuk memperbaiki detil-detil yang kecil. Hal tersebut bisa menjadi kelebihan dan juga kekurangan. Jika tidak dikendalikan, seorang perfektionis bisa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan sebuah tugas yang sederhana. Salah satu teknik umum dalam mengakali kebiasaan ini adalah menggunakan timeboxing.

Timeboxing adalah sebuah teknik manajemen waktu yang membatasi berapa lama sebuah pekerjaan diselesaikan. Dengan menciptakan keadaan mendesak melalui pembatasan waktu, kamu dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat pada waktunya, meskipun kadang-kadang harus mengorbankan kualitas hasil kerja.

Kalau kamu ingin mencoba timeboxing, maka sebuah aplikasi gratis bernama Zonebox ini bisa membantumu. Pada saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, kamu dapat membuat daftar kegiatan secara berurutan. Jangan lupa menentukan waktu yang dialokasikan per setiap kegiatan.

Yang menarik perhatian saya dari Zonebox adalah cara dia menampilkan waktu yang sudah dihabiskan per setiap kegiatan. Zonebox akan memenuhi sebuah bar tipis di bagian bawah layar berdasarkan sisa waktu untuk menyelesaikan sebuah kegiatan. Perpaduan antara warna ungu dengan dock terasa begitu seragam tanpa menghasilkan sebuah distraksi, meskipun ia terus bertambah panjang.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa kegiatan sekaligus ke Zonebox. Namun sepertinya Zonebox masih memiliki beberapa bug dalam menangani lebih dari satu kegiatan. Kadang-kadang ia suka mengeluarkan suara, menandakan sebuah kegiatan sudah selesai, meskipun belum sampai waktunya. Hal ini bisa dimaklumi karena Zonebox memang masih merupakan versi beta. Tetapi potensi Zonebox untuk mendukung teknik timeboxing jadi melemah karena kekurangan ini.

Secara keseluruhan, Zonebox merupakan aplikasi yang cukup layak digunakan berkat pendekatan dalam memantau waktu. Bila kamu ingin mencoba, Zonebox bisa kamu unduh dari situs resminya secara langsung.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest