Follow Us

Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal Pertama, 2013

Hendra Saputra - Kamis, 24 Januari 2013 | 21:33
Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal Pertama, 2013

Apple telah mengumumkan laporan keuangan dan penjualan kuartal pertama 2013. Laporan ini sendiri cukup dinantikan oleh banyak pihak mengingat lini produk Apple saat ini yang telah sepenuhnya baru.

Dari segi pendapatan, Tim Cook mengumumkan bahwa Apple berhasil membukukan revenue (pendapatan) sebesar $54,5 miliar, dengan laba bersih $13,1 miliar (keuntungan saham perlembar sebesar $13,81). Pendapatan kuartal ini meningkat jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu yang sebesar $46,3 miliar.

Selain itu, Apple juga mengumumkan bahwa mereka berhasil menjual sebanyak 47,8 juta iPhone, 22,9 juta iPad, 4,1 Mac dan 12,7 iPod. Hasil ini menunjukan kalau penjualan iPhone dan iPad mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu.

Tim Cook menyatakan bahwa – seperti yang ia katakan setiap mengumumkan laporan keuangan dan penjualan Apple – dirinya sangat percaya diri dengan lini produk Apple saat ini. Ia juga berjanji untuk terus memfokuskan diri dalam menciptakan produk terbaik di dunia.

“We’re thrilled with record revenue of over $54 billion and sales of over 75 million iOS devices in a single quarter,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “We’re very confident in our product pipeline as we continue to focus on innovation and making the best products in the world.”

CFO Peter Oppenheimer juga mengatakan hal yang serupa dengan Tim Cook. Ia mengutarakan kalau total yang dihasilkan Apple kuartal ini merupakan yang terbesar selama sejarah Apple.

“We’re pleased to have generated over $23 billion in cash flow from operations during the quarter,” said Peter Oppenheimer, Apple’s CFO. “We established new all-time quarterly records for iPhone and iPad sales, significantly broadened our ecosystem, and generated Apple’s highest quarterly revenue ever.”

Dan di akhir pengumuman, Apple menargetkan total pendapatan sebesar $41 miliar hingga $43 miliar dengan gross margin sebesar 37,5% sampai 38,5%.

Ketika mereka mengumumkan laporan keuangan dan penjualan kuartal ke–4 2012 lalu, Apple menargetkan total pendapatan sebesar $52 miliar di kuartal pertama 2013. Target ini tercapai bahkan, berhasil dilewati oleh Apple sendiri.

Seperti yang dikatakan oleh Peter Oppenheimer, cukup mengesankan untuk mengetahui bahwa total pendapatan Apple pada kuartal ini, merupakan total pendapatan kuartal terbesar Apple sepanjang sejarah mereka. Congrats Apple!

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/pr/library/2013/01/23Apple-Reports-Record-Results.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest