Follow Us

FunctionFlip: Mengembalikan Tombol Fungsi Mac

Sayz Lim - Senin, 28 Januari 2013 | 14:16
FunctionFlip: Mengembalikan Tombol Fungsi Mac

Kamu tahu tombol di deretan paling atas pada keyboard Mac? Tombol-tombol tersebut memberikan akses cepat terhadap fitur-fitur utama Mac seperti mengatur brightness dan volume, mengaktifkan Mission Control dan Dashboard, serta menghentikan lagu yang sedang diputar pada iTunes. Meskipun berguna, tetap saja ada orang yang membutuhkan fungsi sebenarnya sebagai tombol function, yaitu tombol F1–F12 yang lazim digunakan untuk melaksanakan tugas spesifik.

Untuk menggunakan tombol fungsi, kamu tinggal menahan fn sembari menekan tombol yang bersangkutan. Kamu bahkan bisa mengubah function key menjadi fungsi biasa secara default apabila kamu tidak membutuhkan fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas. Tetapi tidak demikian buat diri saya. Saya menyukai kemudahan yang ditawarkan oleh beberapa tombol seperti pengaturan volume, dan pada waktu yang bersamaan, saya juga menginginkan tombol Mission Control dan Dashboard dikembalikan menjadi tombol fungsi semula.

FunctionFlip, plugin prefpane buatan Kevin Gessner, mengizinkan kamu mengubah, atau lebih tepatnya membalik, fungsi setiap tombol. Kelebihan utama FunctionFlip adalah fleksibilitas. Dengan FunctionFlip, saya bisa menggunakan tombol F3 sebagai “F3” serta mempertahankan fungsi tombol F10–F12 yang berguna untuk mengatur volume.

Tombol yang sudah dibebaskan bisa kamu gunakan sebagai shortcut pada aplikasi sejenis QuickSilver dan Keyboard Maestro. Selain kedua aplikasi itu, pengguna Automator juga bisa menggunakan shortcut tombol fungsi dalam Services Automator yang sudah dibuat. Jadi daripada harus menggunakan kombinasi tombol dengan Command, Shift, atau Option, sekarang kamu memiliki lebih banyak pilihan.

Jika kamu seperti saya, membutuhkan beberapa tombol fungsi bekerja seperti biasa, maka FunctionFlip adalah plugin yang wajib terpasang. Kamu bisa mengunduh FunctionFlip secara gratis melalui situs Kevin.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest