Follow Us

Apple Mendapat Lebih Banyak Uang Dari iTunes, Tidak Lagi Dari iPod

Hendra Saputra - Selasa, 29 Januari 2013 | 16:34
Apple Mendapat Lebih Banyak Uang Dari iTunes, Tidak Lagi Dari iPod

Berdasarkan pemaparan Daniel Eran Dilger dari AppleInsider, total penghasilan Apple dari sektor penjualan aksesoris dan konten iTunes, kini lebih besar daripada penjualan iPod.

Dilger membandingkan laporan keuangan Apple 2 tahun terkahir. Di tahun 2011, diketahui bahwa iTunes telah menyumbang pendapatan sebesar 9,3 miliar dollar, serta ditambah penjualan aksesoris Apple yang mencapai 4,4 miliar dollar.

Sedangkan di tahun 2012, angka ini meroket ke nominal 12,8 miliar dollar untuk iTunes, dan 5,1 miliar dollar untuk penjualan aksesoris Apple.

Angka tersebut terpaut sangat jauh dengan yang disumbangkan oleh iPod. Di tahun 2011, iPod hanya berhasil menyumbang sebanyak 7 miliar dollar saja buat Apple. Angka ini sendiri menurun di tahun 2012 hingga ke angka 5 miliar dollar.

Hal ini menunjukan bahwa pendapatan yang diterima Apple dari lini iPodnya kini lebih kecil 2x lipat jika dibandingkan dengan pendapatan iTunes.

Dilger bahkan menyatakan kalau kini pendapatan iTunes hampir menyamai pendapatan Microsoft dari divisi Windowsnya, dan juga divisi Businessnya.

Sebelumnya Apple baru saja mengumumkan laporan keuangan dan penjualan kuartal pertama 2013 beberapa hari lalu. Dalam laporan tersebut diketahui bahwa penjualan iPod kembali menurun jika dibandingkan dengan penjualan Q1 2012 lalu.

[source site_name = “AppleInsider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/13/01/28/apple-now-collecting-twice-as-much-from-itunes-software-services-as-from-ipod-sales”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest