Follow Us

Harpoen 2: Mengubah Lokasi Yang Kamu Kunjungi Berbicara

Sayz Lim - Jumat, 01 Februari 2013 | 12:22
Harpoen 2: Mengubah Lokasi Yang Kamu Kunjungi Berbicara

Harpoen, aplikasi berbasis lokasi buatan dalam negeri, baru saja menerima major update yang semakin menekankan pengalaman menjelajah lokasi. Kami sudah berkali-kali membahas Harpoen di sini dan sini. Update kali ini memperkenalkan banyak fitur baru, dan yang paling utama adalah perubahan antarmuka yang menentukan bagaimana orang-orang menggunakan Harpoen, baik untuk meninggalkan jejak, ataupun menemukan jejak.

Pada versi sebelumnya, setiap pengguna terpaksa menggunakan Facebook untuk masuk ke dalam Harpoen. Harpoen 2 mengizinkan kamu mendaftar melaui akun Twitter, sebuah fitur yang diminta oleh pengguna (termasuk saya). Sedangkan bagi pengguna Instagram, sebuah pilihan untuk import semua foto ke Harpoen tersedia pada saat aplikasi pertama kali dijalankan.

Antarmuka baru tetap mempertahankan radar yang memperlihatkan setiap harp di sekitar, tetapi kali ini kamu tidak dapat lagi menentukan berapa lama sebuah harp bisa bertahan. Sebagai gantinya, kamu dapat menghapus harp milikmu setiap saat melalui halaman profile. Fitur time filter dihapus dalam versi ini. Melihat flow penggunaan aplikasi, penghapusan time filter tidak membawa dampak yang besar terhadap pengguna.

Sebuah halaman baru bernama Explore yang akan menjadi tempat kamu sering menghabiskan waktu saat menggunakan Harpoen. Ia berupa sebuah — maafkan penggunaan istilah saya — distanceline yang menampilkan semua harp dalam daftar berdasarkan jarak dari lokasimu. Harp paling atas menunjukkan lokasinya yang paling dekat dengan posisimu sekarang. Kalau kamu tidak membaca penjelasan ini, kemungkinan besar kamu akan bingung karena setiap harp tidak diurut berdasarkan waktu peninggalan harp.

Harpoen 2 menjadi sangat sosial. Seperti tagline yang dipasang “Make Spaces Talk”, Harpoen akan mengingatkan kamu setiap kamu berada di sekitar harp baru temanmu, seolah-olah harp (atau lokasi) dapat berbicara dan mencoba menarik perhatianmu. Fitur ini, bila digabungkan dengan fitur search, bisa menjadi sebuah peta rahasia dalam menjelajahi kota. Karena saya suka dengan Nasi Goreng, maka saya dapat menyimpan Nasi Goreng sebagai kata kunci dan setiap harp yang mengandung “nasi goreng” akan berteriak saat saya berada di sekitar.

Saya hanya membahas beberapa fitur penting pada versi ini. Selain pencarian dan notifikasi, Harpoen juga menambahkan pilihan filter pada saat pengambilan foto. Pada saat meninggalkan harp, kamu mempunyai pilihan membagikan harp ke Twitter dan Facebook.

Harpoen memiliki tampilan yang berbeda dengan aplikasi lain, beberapa mudah dipahami, tetapi beberapa halaman-halaman terasa janggal. Kamu melihat tombol-tombol di sebelah kiri pada halaman Explore? Indikator tersebut tidak menunjukkan posisi distanceline. Mungkin kamu akan mencoba scroll bagian tersebut, tapi itu disebut dengan trail. Sebuah fitur yang terdapat versi sebelumnya. Pada dasarnya, ia menunjukkan tingkat kedalaman kamu saaat menelusuri harp.

Akhir Kata

Kalau kamu membaca dari awal sampai bagian sini dan masih berpikir “Terus? Apa gunanya?”, maka saya bisa memehami alasanmu. Tidak seperti Foursquare yang jelas-jelas memberikan badge saat kamu check-in, Harpoen sama sekali tidak memberimu alasan untuk meninggalkan harp. Ini bisa terjadi karena terlalu banyak hal yang bisa kamu lakukan Harpoen.

Kalau kamu masih bingung, coba gunakan Harpoen dan ajak teman-temanmu untuk membuat kelompok sendiri. Gunakan #hashtag sebagai lambang dari grup dan bikin harp kelompokmu sendiri. Baik untuk memberitahu temanmu bahwa kamu sudah pernah mengunjungi sebuah tempat, ada makanan yang lezat di sekitar, ataupun sebuah lokasi yang pantas dikunjungi.

Update 1/2/2012: Menyalakan atau mematikan Location Services selalu menjadi perhatian pengguna iOS. Harpoen menjelaskan di dalam post mereka bahwa mereka menggunakan sistem di iOS yang tidak banyak menggunakan baterai. Jadi kamu dapat menyalakan location services untuk Harpoen tanpa terlalu khawatir baterai akan menjadi sangat boros.

Download · Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest