Follow Us

Menjadikan QuickLook Bisa Meninjau Semua Jenis File Teks

Sayz Lim - Jumat, 01 Februari 2013 | 13:56
Menjadikan QuickLook Bisa Meninjau Semua Jenis File Teks

Saya sering menyalin file teks untuk berbagai keperluan dan tips yang pernah kami tuliskan, yaitu seleksi teks melalui Quick Look, mempercepat seluruh proses ini. Akan tetapi, tidak semua teks di Mac bisa ditinjau menggunakan Quick Look. Untuk mengakali masalah ini, kita dapat menggunakan plugin yang dibuat oleh Duncan Robertson, QuicklookStephen.

QuicklookStephen menambahkan fungsi pratinjau semua jenis plain text sehingga kamu dapat melihat isinya tanpa harus membuka file terlebih dahulu. Digabungkan dengan tips menyalin teks dari Quick Look, keduanya akan mempermudah kamu melihat setiap file, baik memiliki file extension maupun tidak, tanpa harus menjalankan aplikasi teks editor. Berikut ini langkah-langkah memasang QuicklookStephen:

  1. Download QuicklookStephen dari GitHub.

  2. Jalankan Finder dan tekan Command+Shift+G, masukkan path berikut:

    /Library/QuickLook/

  3. Kamu akan melihat beberapa plugin Quick Look sudah berada di dalam folder. Pindahkan file QLStephen.qlgenerator ke dalam folder Quick Look.

Perbedaannya dapat kamu rasakan dengan melihat perbandingan dari OS X Daily:

[source site_name = “OS X Daily” site_url = “http://osxdaily.com/2013/01/30/preview-all-text-files-in-quick-look-with-the-qlstephen-plugin-for-os-x/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest