Follow Us

Aplikasi di Mac Menjadi Super Lambat? Ini Solusinya!

Sayz Lim - Jumat, 01 Februari 2013 | 15:51
Aplikasi di Mac Menjadi Super Lambat? Ini Solusinya!

Messages di Mac tidak bisa disebut sebagai aplikasi terbaik untuk bertukar pesan. Tetapi integrasi iMessage menjadikan dia sebuah aplikasi yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Kapan lagi bisa mengirim pesan langsung dari Mac ke pengguna iPhone dan iPad?

Meskipun sudah bukan beta, Messages di Mac kadang-kadang masih suka bertingkah. Pengalaman saya kemarin dengan Messages di Mac tidaklah menyenangkan. Setiap kali ada pesan masuk, Messages akan beachballing dan setiap perpindahan conversation bergerak dengan lambat. Pasti ada sesuatu yang salah.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membersihkan cache dan messages history, berharap ia akan kembali normal. Setelah restart (sesuatu yang jarang saya lakukan), Messages tetap tidak berubah menjadi responsif kembali. Berarti permasalahan tidak terletak pada cache.

Setelah mencoba berbagai cara, akhirnya saya menjalankan maintenance yang sudah lama tidak saya lakukan lagi. Pembaca loyal MakeMac seharusnya pernah membaca sebuah artikel yang mengulas cara maintenance menggunakan Onyx. Sampai sekarang Onyx tetap merupakan aplikasi yang bagus untuk tugas ini. Namun belakangan ini saya berpaling ke Mountain Lion Cache Cleaner yang lebih sederhana.

Seberapa sederhana? Download dan jalankan Mountain Lion Cache Cleaner. Terus pindah ke tab Maintenance dan select All, kemudian Run. Tunggu sampai proses selesai.

Nyalakan Messages kembali. Kamu akan merasakan ia berjalan menjadi lancar kembali. Sebagai bonus, seharusnya setiap aplikasi menjadi responsif.

Mountain Lion Cache Cleaner bisa kamu gunakan secara gratis tanpa ada pembatasan. Dengan membeli lisensi, kamu dapat mengatur jadwal kapan maintenance dijalankan. Saya merasa kamu tidak membutuhkan lisensi untuk aplikasi yang satu ini karena maintenance hanya perlu dijalankan apabila Mac mengalami masalah.

Apakah kamu memiliki kendala dengan aplikasi lain? Coba jalankan maintenance. Siapa tahu bisa kembali jadi lancar juga.

Website | Download | Harga: Gratis (Demo)


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest