Follow Us

Google Membayar 1 Miliar Dollar Agar Mesin Pencarinya Bertengger di iOS

Hendra Saputra - Selasa, 12 Februari 2013 | 12:18
Google Membayar 1 Miliar Dollar Agar Mesin Pencarinya Bertengger di iOS

Seorang analis dari Morgan Stanley, Scott Devit, mengestimasikan bahwa Google membayar Apple sebesar 1 miliar dollar setiap tahunnya, untuk membuat mesin pencari mereka bertengger di setiap perangkat iOS.

Hal ini ia dasarkan pada keyakinan bahwa Apple mematok komisi kepada Google, untuk setiap perangkat iOS yang terjual.

Sebelumnya, para analis memperkirakan kalau Apple dan Google melakukan sistem bagi hasil untuk hal ini. Dengan kata lain, jika Google mendapatkan $1 dari hasil iklan mereka, maka Apple akan mendapatkan 75 sen. Tapi Devitt tidak setuju dengan pendapat ini karena akan sangat rumit untuk menghitung hasil yang didapat.

Devitt lebih percaya kalau Apple menggunakan sistem komisi per perangkat dengan alasan lebih mudah dalam hal penghitungannya.

Selain itu, Devitt juga memperkirakan kalau Google mengontrol 95% pencarian lewat mobile.

Sebelumnya, Apple telah menghilangkan kehadiran YouTube dan Google Maps dari iOS. Kedua aplikasi ini, YouTube dan Google Maps, hadir sebagai aplikasi tambahan yang harus diunduh lebih dahulu lewat App Store.

Kamu bisa membaca pemaparan Scott Devitt lebih lengkap lewat laporannya yang berjudul ‘The Next Google is Google’ di tautan ini.

[source site_name = “BusinessInsider” site_url = “[0]: http://www.businessinsider.com/how-much-money-apple-makes-from-google-for-every-ios-device-it-sells-2013-2”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest