Follow Us

Radium 3: Bukan Lagi Aplikasi Online Radio Terbaik

Sayz Lim - Kamis, 14 Februari 2013 | 12:17
Radium 3: Bukan Lagi Aplikasi Online Radio Terbaik

Radium merupakan aplikasi streaming radio terbaik yang pernah saya gunakan di Mac. Listening History, fitur favorit saya, mengizinkan saya melihat kembali lagu-lagu yang sudah diputar, sekaligus memutar preview langsung dari iTunes.

Kemarin CatPig Studios Inc. meluncurkan terbaru mereka Radium 3. Saya tidak bisa menyembunyikan rasa senang menyambut berita tersebut. Tetapi cukup 10 menit pertama bagi saya untuk berhenti menggunakan Radium 3 dan kembali memutar lagu-lagu dengan Radium 2. Sebenarnya apa yang menjadi alasan saya berhenti menggunakan Radium terbaru?

Radium 3 membuang fitur Listening History. Meskipun mereka mempertahankan Wish List, tetap saja tidak tersedianya pilihan melihat lagu yang baru diputar mempersulit pendengar. Berapa kali kamu mendengarkan sebuah lagu dan berpikir, “Lagu barusan apa yah?”, dan tidak pilihan lain. Radium 2 menyediakan solusi, Radium 3 menghilangkan solusi.

Sekarang Radium 3 tidak lagi menggunakan Growl dalam menampilkan notifikasi buat setiap perpindahan lagu. Integrasi mendalam dengan Notification Center bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Integrasi dengan Notification Center berarti pengguna tidak perlu memasang Growl. Ia juga bisa berfungsi sebagai pengganti Listening History karena setiap lagu yang sudah diputar akan bertengger di Notification Center. Namun yang menjadi keluhan terbesar saya adalah Notification Center tidak dapat menampilkan cover album saat lagu berpindah, sebuah hal yang bisa dilakukan oleh Growl.

Walaupun saya lebih menyukai Radium 2, dengan berbagai fitur-fitur yang sederhana tapi berguna, ini bukan berarti Radium 3 tidak pantas digunakan. Perubahan tampilan dari dalam sampai lambang aplikasi membuatnya menjadi lebih berkelas. Sekarang hasil pencarian stasiun radio didampingi lambang-lambang sesuai masing-masing kategori.

Secara keseluruhan, Radium 3 terasa seperti update yang membuatnya menjadi semakin indah, tetapi kurang berguna. Kalau kamu belum pernah menggunakan Radium 2, maka kekurangan yang saya sebutkan di atas tidak akan mempengaruhi pengalaman mendengarkan musik.

Radium 3 tersedia di Mac App Store dengan harga $9.99 setelah diskon sebesar 50%. Kamu bisa mencoba versi lengkap secara gratis dengan mengunduhnya langsung dari situs resmi Radium.

Download Radium ~ Perfect Internet Radio · Harga: 149000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest