Follow Us

Clueful: Mengetahui Kadar Pelanggaran Privasi Sebuah Aplikasi

Sayz Lim - Jumat, 15 Februari 2013 | 15:09
Clueful: Mengetahui Kadar Pelanggaran Privasi Sebuah Aplikasi

Apakah kamu merasa terganggu apabila sebuah perusahaan menyimpan informasi pribadimu seperti lokasi, kebiasaan, dan kenalan Facebook dengan tidak wajar? Bila iya, maka Clueful dapat menunjukkan seberapa parahnya sebuah aplikasi melanggar batas-batas privasi setiap orang.

Clueful adalah web app dan bisa dipasang langsung pada Home screen melalui Mobile Safari. Dengan menggunakan Clueful, kamu bisa melihat informasi apa saja yang dimanfaatkan pengembang. Sebuah aplikasi senter tentu saja tidak membutuhkan UDID, lokasi, dan informasi lainnya untuk bekerja dengan benar bukan? Tetapi inilah yang dilakukan oleh salah satu aplikasi di App Store bernama Flashlight.

Sementara Clueful hanya menampilkan kumpulan aplikasi yang umum digunakan oleh orang-orang dari App Store. Kamu cukup memasukkan nama aplikasi dalam kolom pencarian agar lebih jelas.

Sebagai pemilik smartphone dan pengguna Internet, kamu sebaiknya mempelajari bagaimana setiap pihak memanfaatkan informasimu. Beberapa aplikasi memang menggunakan informasi dengan benar. Misalnya Google Maps untuk menunjukkan lokasimu dalam aplikasi, atau Find My Friends buatan Apple untuk memberitahu teman lokasimu. Dengan mempelajari informasi yang dimanfaatkan setiap aplikasi, kamu dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam memilih aplikasi.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest