Follow Us

Instashare: Transfer file dari antar iOS atau Mac ala Air Drop

Kuswanto - Senin, 18 Februari 2013 | 09:59
Instashare: Transfer file dari antar iOS atau Mac ala Air Drop

Mengirimkan file ke perangkat iOS lainnya atau ke Mac dapat menjadi situasi yang bikin garuk-garuk kepala karena tidak semudah yang dibayangkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh, mulai dari menggunakan iTunes, mengirimkan lewat email atau menggunakan aplikasi lain.

Cara di atas tidak efisien, membutuhkan waktu yang cukup lama dan biasanya melibatkan proses sinkronisasi menggunakan koneksi internet atau kabel.

Di Mac yang memakai Mountain Lion ada satu cara yang sangat mudah dimengerti, bernama Air Drop. Pengguna cukup drop file ke komputer lain yang muncul di Air Drop.

Ada aplikasi baru bernama Instashare, aplikasi transfer file yang mempunyai sistem pengiriman file yang sama dengan Air Drop. Dengan Instashare perangkat iOS dapat mengirimkan file ke perangkat iOS lainnya yang mempunya Instashare atau ke Mac yang juga sudah mempunyai Instashare. Syaratnya, semua perangkat harus terhubung di dalam network yang sama, bisa WiFi atau gunakan Personal Hotspot apabila tidak ada WiFi yang tersedia. Selain WiFi Instashare juga mendukung Bluetooth, jadi kalau WiFi bermasalah gunakan Bluetooth. Tentunya, pairing dulu perangkat iOS atau Mac di Settings atau System Preferences.

Instashare dapat mengirimkan jenis file apapun yang ada di iOS. Tapi, berhubung keterbatasan peraturan sandboxing di iOS. Instashare hanya bisa mengakses library foto. Tapi untunglah di iOS versi terbaru, Apple mulai memperbolehkan aplikasi saling berinteraksi dengan popup Open In aplikasi lain. Kamu bisa mengirimkan suatu file dari aplikasi lain, misalnya sebuah PDF dari Mail, tap file PDF tersebut dan kirimkan ke Instashare. File PDF tersebut masuk ke Instashare dan siap dibagikan dengan drag-n-drop ke device yang diinginkan.

Penggunaan Instashare versi Mac jauh sangat mudah dan semuanya lebih jelas. Yang perlu dilakukan tinggal drag sebuah file ke icon Instashare di Dock atau di Menu Bar, kemudian pilih perangkat tujuan. Di perangkat tujuan tinggal di approve.

Instashare dihargai gratis, tapi mempunyai iklan. Untuk menghilangkan iklan, cukup bayar Rp9.500 saja. Sedangkan versi Mac saat ini masih beta dan tentunya gratis. Menurut website Instashare, versi Android dan Windows akan datang kemudian.

Download Instashare Air Drop - Transfer files the easy way ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest