Follow Us

Sunrise: Kalender iPhone Bagi Pengguna Google Calendar

Sayz Lim - Rabu, 20 Februari 2013 | 16:20
Sunrise: Kalender iPhone Bagi Pengguna Google Calendar

Pengguna Google Calendar akhirnya bisa mendapatkan sebuah kalendar yang indah dan gratis. Kamu yang setiap hari membuat jadwal di Google Calendar bisa mencoba Sunrise, aplikasi yang tidak kalah indahnya dengan aplikasi kalender lain seperti Fantastical.

Walaupun saya menyukai tampilan Sunrise, saya memutuskan untuk tidak menggunakannya. Sebuah faktor yang menghentikan saya menggunakan Sunrise adalah harus log in menggunakan Facebook. Kalau kamu seperti saya, tidak menyukai log in menggunakan Facebook, maka Sunrise tidak akan menjadi pertimbanganmu dalam berurusan dengan penjadwalan. Hal ini bukan masalah besar buat yang tidak keberataan dengan cara log in ini. Malahan Sunrise mampu membantumu menampilkan jadwal sehari-hari dengan semakin teratur dan rapi.

Sunrise berupaya menggabungkan informasi dari 3 layanan: Facebook, Google Calendar, dan LinkedIn ke dalam satu tempat. Jadi setiap orang dalam undangan selalu ditampilkan fotonya berdasarkan informasi ketiga layanan di atas. Namun Sunrise terasa begitu asing di iOS karena tidak mengintegrasikan iCloud dan Contacts. Seharusnya Sunrise menggunakan foto peserta di Contacts apabila ada email yang cocok.

Setelah kamu log in menggunakan Facebook, selanjutnya adalah menghubungkan akun Google Calendar supaya bisa memasukkan jadwal. Sunrise memanfaatkan ruang iPhone dengan menampilkan tanggal pada kolom atas dan semua event pada kolom bawah. Pada saat kamu mencoba scroll di bagian kalendar, Sunrise secara otomatis memperlebar tinggi sehingga dapat menampilkan 5 minggu sekaligus seperti yang lazim terlihat pada aplikasi kelender.

Scroll kolom events dan Sunrise akan mengembalikan tampilan menjadi semula. Sebuah tombol “Today” akan muncul saat kamu meninggalkan halaman events hari ini, membantumu kembali ke events hari ini dengan cepat. Terdapat beberapa hal menarik yang membuat saya menyukai kolom events Sunrise:

  • Hari dibagi menjadi 3 waktu: Morning, Afternoon, dan Evening dengan ramalan cuaca di sampingnya. Informasi ini bisa membantumu menentukan apakah acara pada hari itu bisa dilaksanakan atau tidak.
  • Pada saat membuat event seperti lunch atau dinner, indikator kuning di sebelah kiri akan menampilkan sendok dan garpu — kapan giliran sumpit?
  • Sisa waktu menjelang event berikutnya ditampilkan pada bagian kiri dalam bar yang kecil.
  • Swipe ke kanan pada event yang meliputi orang-orang untuk mengirimkan email sekaligus ke setiap peserta. Kalau mempunyai lokasi, kamu juga bisa membuka Apple Maps dan melihat rute ke tujuan.
Menekan lambang matahari terbenam di bagian atas akan membuka halaman invatations — berisi undangan-undangan dari teman-temanmu.

Halaman membuat jadwal merupakan halaman yang cukup generik dengan bonus penentuan timezone. Sebuah hal yang bisa ditingkatkan adalah pada saat menentukan kapan event dimulai. Sampai sekarang pun saya tidak merasa kolom End diperlukan. Ganti kolom tersebut menjadi Duration sehingga pengguna cukup memilih lama waktu daripada harus scroll untuk menemukan 21:00.

Akhir Kata

Setelah mencoba Sunrise, saya merasa aplikasi ini mempunyai beberapa desain yang pintar dan berguna. Tetapi persyaratan harus log in menggunakan Facebook benar-benar menghasilkan hambatan dalam memanfaatkan aplikasi ini.

Sampai Sunrise menerapkan integrasi dengan iCloud, maka aplikasi ini adalah aplikasi komplemen bagi pengguna Google Calendar dan berpotensi dibeli Google nantinya.

Download · Harga:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest