Follow Us

Cara Inspeksi Halaman Website di iOS Melalui Web Inspector

Kuswanto - Selasa, 26 Februari 2013 | 10:47
Cara Inspeksi Halaman Website di iOS Melalui Web Inspector

Bagi para developer web, Web Inspector Safari merupakan sebuah alat yang penting untuk menginspeksi isi halaman suatu situs. Web Inspector hanya tersedia di Safari OS X, dengan berkembangnya responsif desain belakangan ini, kebutuhan akan menginspeksi suatu halaman melalui layar iOS sangat diperlukan.

Pada iOS 6 dan Safari 6, menginspeksi halaman website yang dibuka di perangkat iOS sudah bisa dilakukan. Fitur Web Inspector perangkat iOS hanya tersedia untuk Safari versi OS X, versi Windows tidak mempunyainya. Untuk memanfaatkannya, Safari 6 harus sudah mempunyai menu Develop. Untuk cara mengaktifkannya bisa mohon simak halaman ini.

Untuk mengaktifkan di iOS, silakan masuk ke dalam Settings > Safari > Advance. Kemudian nyalakan opsi Web Inspector. Di dalam keterangannya, untuk memanfaatkannya perangkat iOS harus terhubung melalui kabel ke Mac.

Bukalah sebuah laman website yang ingin diinspeksi, kemudian pada Safari Mac buka menu dan pilih laman tersebut. Jendela Web Inspector akan terbuka dengan isian laman yang terdapat di perangkat iOS. Selanjutnya kamu bisa mengedit properti yang ada di Web Inspector, perubahan yang dilakukan pada Web Inspector akan terlihat di Safari iOS, walaupun ada jeda, jadi harus sedikit sabar.

Fitur Web Inspector tidak akan bekerja apabila Safari iOS dalam mode Private Browsing.

Bagi kamu yang sudah menginstall XCode, cara ini bisa dilakukan menggunakan iPhone simulator. Menggunakan simulator akan lebih ringkas daripada metoda menggunakan kabel.

Mungkin para developer akan bertanya– Apa bedanya dengan mengubah ukuran browser untuk mengetes layout responsif?

Tentu saja berbeda, dengan Web Inspector di Safari ukuran yang ditampilkan akan sesuai dengan ppi perangkat. Cocok untuk mencoba-coba ukuran font yang optimal untuk masing-masing perangkat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest