Follow Us

Adapter: Converter Gratis dan Terbaik Buat Mac

Sayz Lim - Selasa, 26 Februari 2013 | 17:47
Adapter: Converter Gratis dan Terbaik Buat Mac

Adapter adalah sebuah aplikasi yang dapat mengubah gambar, audio, dan bahkan video ke dalam berbagai format yang kamu inginkan. Dikembangkan oleh Macroplant yang juga membuat iExplorer, Adapter tersedia secara gratis tanpa ada pembatasan pada fitur. Adapter mendukung berbagai format output yang dikelompokkan berdasarkan jenis perangkat. Terus bagaimana dengan kualitas aplikasi ini?

Kesan pertama Adapter benar-benar menyenangkan. Hanya 4 tombol yang terpampang pada toolbar yaitu Add, Remove, Start, dan Pause. Untuk sebuah aplikasi yang dapat mengubah gambar, audio, dan video sekaligus, Adapter berhasil menyampaikan pesan hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan 4 tombol di atas. Secara alami, pengguna akan menggunakan tombol Add untuk menambahkan media yang formatnya ingin diubah. Tentu saja kamu menjatuhkan file di atas jendela Adapter tanpa melalui jendela Finder.

Selanjutnya kamu bisa menentukan hasil output pada bagian — maklumi susunan kalimat saya — Output Preset. Dari sana kamu mengubah video avi menjadi mp4, m4v, atau mkv. Jenis output yang disediakan Adapter seharusnya dapat memenuhi semua permintaan pengguna. Setelah kamu menentukan pilihan, Adapter akan secara pintar membuat estimasi ukuran output di sebelah thumbnail gambar, audio, dan video.

Tetapi yang paling menonjol dari Adapter adalah kemampuannya membandingkan sumber file dengan hasil output sekaligus secara berdampingan. Di bagian bawah terdapat beberapa pilihan untuk membandingkan kedua file. Misalnya kamu ingin mengubah ukuran video menjadi lebih kecil, tetapi tidak ingin kualitas video turun drastis, maka yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan show source and output side by side. Mainkan video, di mana durasi bisa diatur, dan kamu bisa melihat perbedaan sumber dan hasil sekaligus sebelum menekan tombol Start yang bisa membutuhkan waktu lama untuk file berukuran besar.

Hasil output file bisa ditemukan dengan sumber file. Kamu bisa mengatur di mana hasil file muncul pada bagian sidebar di kanan, di bawah tab Destination. Masing-masing gambar, audio, dan video mempunyai pengaturan yang berbeda-beda. Biasanya kamu tidak akan mengubah terlalu banyak karena semuanya sudah tersedia output preset.

Akhir Kata

Adapter merupakan aplikasi yang dirancang dengan begitu teliti bagi penggunanya. Cara pemakaian yang bahkan bisa dikuasai oleh pemula dalam 1 jam menjadikan alasan utama mengapa saya merekomendasikan Adapter. Kalau kamu membutuhkan aplikasi converter gratis dengan kualitas yang setara dengan aplikasi berbayar, maka Adapter adalah yang terbaik saat ini.

Website | Download | Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest