Follow Us

Cara Menonaktifkan In-App Purchases

Kuswanto - Kamis, 07 Maret 2013 | 14:57
Cara Menonaktifkan In-App Purchases

Pernah mendengar berita tentang orang tua yang harus membayar puluhan juta untuk barang-barang yang dibeli dari game iOS yang menggunakan metode In-App Purchases? Apabila perangkat iOS-mu sering digunakan oleh anak-anak kekhawatiran kasus tersebut pasti ada. Walaupun, akun App Store dilindungi oleh password, tapi kemungkinan anak-anak melakukan pembelian melalui In-App Purchases tetaplah ada.

Misalnya, kamu baru saja membeli sebuah aplikasi, kemudian seorang keponakan memainkan sebuah game dan tanpa sengaja membeli power-up yang mahal. Ilustrasi yang sangat mungkin bisa terjadi, karena secara bawaan iOS tidak akan menanyakan kembali password App Store apabila pembelian selanjutnya dilakukan kurang dari 15 menit,

Kasus In-App Purchases sering terjadi dan karena itulah, Apple memunculkan opsi mengatur perizinan In-App Purchase yang bisa dimatikan. Menurut saya, tempat pengaturannya agak kurang tepat, karena ada di bagian Settings > General > Restrictions, bukannya di dalam bagian Settings > iTunes & App Store sebagai tempat pengaturan akun App Store.

Pertama kali kamu menekan menu Restrictions, akan diminta membuat Passcode. Buatlah Passcode, dan pastikan kamu mengingatnya, karena kalau lupa satu-satunya cara meresetnya hanya dengan melakukan Restore iOS.

Pada layar Restrictions kami bisa mematikan In-App Purchases. Selain itu, untuk keamanan, ubah interval waktu permintaan password App Store dari 15 menit menjadi seketika tiap melakukan pembelian (Immedietly).

Dengan mematikan In-App Purchases, akun App Store tetap bisa membeli aplikasi atau game yang berbayar, tapi tidak akan bisa membeli barang-barang dari game. Tidak perlu khawatir lagi tagihan akan membengkak gara-gara In-App Purchases.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest